10 Cara Merawat Kamera DSLR yang Benar

cara merawat kamera dslr

Kamera digital saat ini memang telah menjadi satu gadget yang sangat disukai oleh masyarakat. Bagaimana tidak, dengan memiliki sebuah alat yang bisa dengan mudah digunakan untuk mengambil foto, maka setiap saat pemiliknya bisa mengabadikan setiap moment dengan lebih mudah tanpa harus mengundang atau menggunakan jasa fotografer profesional.

Di antara sekian banyak produk yang beredar di masyarakat, kamera Canon adalah salah satu yang paling disukai. Vendor teknologi yang memang telah dikenal luas sejak berpuluh tahun tersebut memang secara konsisten memproduksi berbagai jenis kamera, mulai dari yang berjenis pocket hingga DSLR berspeksifikasi tinggi untuk para fotografer professional. Harga kamera Canon juga sangat bervariasi yang membuatnya sesuai untuk semua kalangan.

cara merawat kamera dslr

Bagi Anda yang memiliki perangkat kamera, ada beberapa hal yang perlu untuk selalu diperhatikan baik saat menggunakannya atau menyimpannya. Hal itu karena gadget ini termasuk sebagai barang yang sangat sensitif dan mudah rusak jika Anda ceroboh dalam menggunakan maupun menyimpannya. Nah, berikut ada beberapa petunjuk tentang bagaimana cara merawat kamera DSLR beserta lensanya:

  • Sebisa mungkin, jauhkan dari air, kecuali jika memang milik Anda merupakan produk yang waterproof atau weather shield. Anda juga perlu ingat bahwa weather shield juga tidak berarti bisa dibawa ke dalam air.
  • Jaga kebersihan lensa. Jangan langsung menyemprotkan cairan pembersih ke lensa, namun semprotkan dulu ke permukaan lap microfiber baru kemudian usapkan ke lensa secara perlahan.
  • Sebelum mengeluarkan memory atau batere, matikan terlebih dahulu kamera
  • Sebaiknya gunakan strap untuk mengantisipasi agar tidak jatuh saat dibawa.
  • Jangan tinggalkan di kabin mobil, terlebih jika mobil diparkir atau berada di tempat yang terpapar matahari langsung.
  • Setelah mengambil gamba di pinggir atau di dekat laut, bersihkan dengan lap yang lembab kemudian keringkan dengan lap bersih karena kandungan garam pada air laut bersifat korosif dan dengan mudah bisa merusak perangkat anda.
  • Baik kamera maupun lensa memiliki bagian-bagian bergerak, misalnya dial, tombol, focusin ring, engsel pintu memory dan batere, putaran zoom dan lain sebagainya. Ketik Anda menemukan bahwa bagian-bagian tersebut macet, sebaiknya jangan dipaksakan untuk memutar atau menggerakannya agar tidak patah.
  • Ganti lensa DSLR Anda dengan cara yang benar saat hendak memotret di luar ruangan untuk menghindari resiko terkena debu.
  • Periksa dengan seksama apakah terdapat debu pada bagian sensor, jika memang ada bersihkan dengan menggunakan blower atau bawa ke service center terdekat.
  • Simpan di tempat yang kering dan terhindar dari sinar matahari langsung. Gunakan dry box jika memang dibutuhkan. Sebaiknya, simpan kamera Anda dengan meletakkan silica gel di dekatnya untuk menghindari lembab dan jamur.

Adi Hartanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *