4 Obat yang Efektif Atasi Masalah Alergi Anak Pada Kulit

alergi anak

Masalah alergi anak memang bukan hal yang baru lagi untuk Anda temui, banyak diantara buah hati yang memang memiliki kecenderungan alergi terhadap beberapa bahan tertentu, sehingga jika tak segera diatasi menyebabkan gejala yang serius, kenyataannya dampak jangka panjang dari alergi sendiri jauh lebih berbahaya dibandingkan dengan gejala awalnya. Sebut saja intolerance lactose yaitu alergi yang disebabkan karena protein susu sapi yang tak bisa dikonsumsi oleh buah hati, sehingga menyebabkan masalah pada pencernaan. Jika terus dibiarkan lama-kelamaan anak Anda juga mengalami perubahan psikologis.

Penting juga untuk memperhatikan kondisi lingkungan yang asupan makanan yang masuk, beberapa diantaranya sering kali menyebabkan gejala alergi pada kulit. Alergi pada kulit sering kali ditandai dengan munculnya bintik-bintik merah, kemudian juga rasa gatal hingga membengkak, ada banyak sekali obat yang bisa Anda gunakan untuk menyembuhkannya, diantaranya adalah:

  1. Hydrocortisone, ini adalah obat dalam bentuk krim yang berfungsi dalam mengurangi rasa gatal juga pembengkakan, krim ini bekerja secara cepat untuk mengatasi gejala tersebut, hanya saja tak boleh digunakan untuk ibu hamil hingga penderita TBC.
  2. Protopic, obat yang lainnya juga dengan manfaat untuk mengatasi peradangan karena alergi adalah protopic, krim yang satu ini mudah digunakan, hanya dengan mengoleskan pada bagian yang terkena gejalanya saja. Gunakan secara teratur hingga gejala alergi menghilang.
  3. Elidel, obat yang satu ini bekerja untuk meningkatkan kekebalan tubuh, dalam bentuk krim yang mudah untuk digunakan juga tak menimbulkan bau-bau tertentu. Tidak boleh digunakan pada wanita hamil dan anak-anak berusia di bawah 2 tahun.
  4. Ceterizine, ia adalah obat oral, penggunaannya dengan cara mengkonsumsi, berfungsi dalam mengurangi kadar histamine dalam tubuh, sehingga kekebalan atau sistem imun juga lebih meningkat.

Produknya banyak dijual di pasaran dan bermanfaat untuk mengetahui solusi alergi anak yang berhubungan dengan gejala pada kulit, entah itu rasa gatal atau bahkan ruam-ruam merah. Bisa digunakan sebagai langkah pertolongan pertama sebelum membawa buah hati ke dokter.

Adi Hartanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *