5 Langkah Mudah Membuat Blog dalam Waktu Kurang dari Satu Jam

cara membuat blog

Yuk pelajari cara memulai blog dalam waktu kurang dari satu jam. Ikuti panduannya langkah demi langkah, ya! Jangan berpikir panjang jika kamu sudah berniat ingin membuat blog. Saatnya action, guys!!

5 Cara Membuat Blog Kurang dari Satu Jam

  • Pilih hosting dan domain blog kamu
  • Desain blog kamu dengan menggunakan template sederhana
  • Tentukan tema blog sesuai dengan ketertarikan kamu
  • Pilih plugin terbaik untuk blog kamu
  • Mulailah menulis! Buatlah konten-konten yang menarik dan informatif

Jangan berpikir membuat blog dengan self domain/domain berbayar itu sulit. Kini sudah banyak kok ibu rumah tangga yang mengisi waktu luang di rumah menulis blog dengan self domain.

Keuntungan kamu memiliki self domain adalah blog kamu semakin dipercaya. Selain itu, kamu bisa bergabung di komunitas blogger atau berkesempatan mendapatkan job review dari pengiklan.

Lantas mulai dari mana dalam membuat blog? Berikut 5 langkah mudah membuat blog kurang dari dalam satu jam:

1.    Pilih hosting dan domain blog kamu (waktu: 15 menit)

Hal pertama yang saya lakukan ketika memulai blog adalah membeli web hosting dan domain.

Apa sih yang dimaksud dengan web hosting? web hosting adalah layanan berbasis internet yang menyediakan sumber daya untuk disewakan sebagai tempat menyimpan data, tempat menjalankan website di tempat terpusat yang disebut server.

Kini sudah banyak web hosting yang memberikan pelayanan yang super bagi pelanggannya. Salah satunya adalah Niagahoster.  Web hosting ini memberikan pelayanan yang cepat, mudah disertai bantuan teknis terbaik di Indonesia yang dipercaya oleh ribuan programmer, bisnis/UKM dan start-Up.

Jangan khawatir atau bingung mulai dari mana untuk membeli web hosting atau domain. Kamu bisa menghubungi customer service melalui email atau chat untuk membimbing kamu dalam membeli web hosting dan domain. Di sana pun tersedia paket-paket harga sesuai kebutuhanmu. Bahkan sudah banyak sekali jasa web hosting yang memberikan harga diskon untuk pelanggan utamanya. Jadi, tunggu apalagi? Saatnya kamu memilki blog dengan domain yang kece.

2.    Desain blog kamu dengan menggunakan template sederhana (waktu: 3 menit)

cara membuat website

Pilihlah template yang sesuai dengan bahasan dan gaya blog kamu. Di WordPress kini sudah banyak sekali desain template blog gratisan dengan berbagai tema. Misalnya, tema news, megazine, simpel, profesional dan lain-lain.

Tips: pilihlah template yang responsive dengan navigasi-navigasi yang sederhana. Hal ini bertujuan memudahkan user/pembaca ketika berselancar di blog kamu.

3.    Tentukan tema blog sesuai dengan ketertarikan kamu (waktu: 5 menit)

Setelah memiliki nama domain, hosting blog, WordPress, dan template, kamu harus memulai menyusun tema untuk blog kamu. Biasanya, di sinilah kamu mulai kebingungan dan menghabiskan banyak waktu untuk mencari tema untuk konten kamu.

Tips: pilihlah tema yang sesuai ketertarikan/passion kamu. Hal ini bertujuan, mempermudah ketika kamu mulai menulis dan tidak merasakan mentok saat menulis.

Selain itu, pilihlah satu tema atau tema yang masih relevan. Misal, kamu memilih tema traveling. Kamu bisa juga menulis hal-hal di luar traveling, seperti kuliner.

4.    Pilih plugin terbaik untuk blog kamu (waktu: 3 menit)

web hosting

Plugin adalah salah satu hal penting komponen blog yang harus kamu miliki. Untuk memilih plugin caranya kamu tinggal masuk ke dasboard. Di sana nanti tersedia menu plugin. Kamu tinggal memilih plugin kemudian mengunduh dan mengaktifkan.

Tips: pilihlah plugin yang menunjang blog kamu semakin baik. Mungkin sebagai pemula, pilihlah plugin “Google Analytics untuk WordPress” dan “Yoast SEO”.

5.    Mulailah menulis! Buatlah konten-konten yang menarik dan informatif. (waktu: 30 menit)

cara buat blog

Sebelum menulis, kamu sebaiknya terlebih dahulu membuat halaman di dalam blog kamu. Misalnya halaman; Tentang Blog, Kontak, Arsip dan lainnya.  Jangan lupa pula untuk membuat logo dan memasang sosial media-mu. Mungkin saja ada orang yang suka dengan tulisanmu, kemudian mereka mengajak kerjasama.

Nah dengan adanya sosial media atau halaman kontak, memudahkan mereka untuk menghubungi kamu.

Tips: Ketika membuat konten, ada baiknya buat konten yang menarik dan informatif. Jika kamu menulis tentang perjalananmu waktu liburan, buatlah info selengkap-lengkapnya tentang tempat liburan yang kamu kunjungi. Jadi, jangan hanya menulis curhatan atau foto-foto-nya saja ya 🙂

 

 

Adi Hartanto

Hygge life | Commuterline | kotaksurat1281@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *