8 Manfaat Sosial Media untuk Bisnis

Gambar diambil di sini

Gambar diambil di sini

Hampir semua orang pengguna internet, memiliki akun sosial media, seperti twitter, facebook, G+, dan sosial media lainnya. Social media memang sangat bermanfaat untuk aktivitas bersosial secara online. Namun, selain manfaat tersebut, sosial media ternyata memiliki banyak manfaat dalam berbisnis. Hal tersebut, tentunya akan sangat mendukung untuk pertumbuhan dan keuntungan bisnis Anda.

Lantas, apa saja manfaat sosial media untuk bisnis? Berikut 8 manfaat sosial media untuk menunjang pertumbuhan dan kesuksan bisnis Anda.

Sosial media adalah cara mudah untuk belajar tentang kultur konsumen
Untuk bisnis industri apapun, salah satu kunci suksesnya adalah mengetahui kultur konsumen Anda. Dengan menggunakan sosial media membuat lebih mudah untuk mencapai target dari sebelumnya. Misalnya, Facebook Insights di Hootsuite, Anda dapat belajar bahasa dominan diucapkan antara pengguna social media, seperti usia atau jenis kelamin. Hal ini sangat membantu dalam mempromosikan dan menawarkan produk ke target audiens Anda.

Sosial media membantu target konsumen lebih efektif

Geografik targeting adalah cara yang efektif untuk mengirim pesan kepada audiens yang spesifik atau demografis berdasarkan lokasi mereka. Jejaring sosial seperti facebook dan twitter memiliki alat yang memungkinkan untuk berkomunikasi yang efektif. Misalnya, di Hootsuite Anda dapat menargetkan lokasi, bahasa, usia, jenis kelamin, status, lingkungan, dan pendidikan di Facebook. Atau bisa mengetahui negara melalui twitter. Sebagai contoh, jika Anda ingin mengirim posting ke orang-orang yang berbicara bahasa Inggris, maka geo-targeting adalah cara yang mudah dan efektif untuk melakukannya.

Sosial media membantu mencari pelanggan baru dan memperluas audiens

Jejaring sosial seperti twitter memungkinkan usaha kecil menemukan pelanggan potensial. Misalnya, jika Anda membuka sebuah kedai kopi baru di Jakarta, Anda dapat membuat pencarian di Hootsuite untuk mencari orang yang ngetweet mencari kopi enak di Jakarta. Setelah menemukan orang-orang ngetweet tentang kopi, Anda bisa memulai menjangkau dan mengundang mereka untuk datang mencoba kopi panas di kedai kopi baru Anda.

Sosial media memungkinkan untuk menerima umpan balik cepat dari komentar pelanggan

Media sosial untuk bisnis memberikan akses cepat untuk umpan balik positif atau negatif atas komentar pelanggan. Contohnya, jika Anda meluncurkan produk baru dan berbagi di media sosial, maka segera mempelajari testimoni pelanggan tentang produk tersebut. Selain itu, Anda juga bisa menanyakan bagaimana menggunakan produk dan merek apa yang sering digunakan dengan jenis produk yang sama.

Sosial media meningkatkan pengetahuan pasar dan kompetitor
Dengan pemantauan media sosial, Anda bisa mendapatkan informasi penting tentang pesaing Anda. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan pasar Anda. Dengan bekerja seperti ‘intel’ maka akan memungkinkan untuk membuat keputusan strategi bisnis agar lebih maju dari kompetitor. Contohnya, Anda dapat melakukan pencarian di Hootsuite untuk memantau nama dan produk kompetitor. Berdasarkan hasil pencarian, Anda dapat meningkatkan bisnis dengan menawarkan sesuatu hal yang tidak ada dari kompetitor.

Sosial media membantu meningkatkan lalu lintas & traffic situs web
Anda membangun sebuah website untuk perusahaan Anda, sekarang apa? Salah satu manfaat terbaik dari media sosial untuk bisnis adalah meningkatkan kunjungan ke situs Anda. Semakin banyak melakukan aktivitas di sosial media, maka semakin mudah mencari prodik di mesin pencarian. Jika setiap orang yang mengikuti hootsuite dan diretweets, hal tersebut mungkinkan peringkatnya lebih tinggi di halaman pencarian di mesin Google.

Berbagi konten lebih mudah dan lebih cepat dengan media sosial
Di masa lalu, bagian promosi (marketing) menghadapi tantangan untuk memastikan konten mereka mencapai pelanggan dalam waktu sesingkat mungkin. Dengan bantuan media sosial, berbagi postingan (konten) menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Bila Anda menggunakan media sosial untuk bisnis, manfaatkanlah postingan produk Anda di akun jejaring sosial. Namun, untuk mendapatkan pelanggan pastikan postingan di media sosial sesuaikan dengan merek dan minat audiens Anda.

Sosial media membantu menjalin hubungan baik dengan pelanggan

Media sosial sangat baik untuk menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Contohnya, jika Anda memiliki bisnis biro pariwisata, dengan media sosial memungkinkan untuk menciptakan dialog dengan wisatawan. Anda bisa mengetahui testimoni atau komentar pelanggan sebelum, selama, dan setelah mereka melakukan perjalanan wisatanya. Dialog antara perusahaan dengan pelanggan merupakan sesuatu promosi konvensional yang tidak bisa dibeli dengan cara apapun.

 

Teks: Adi. Berbagai sumber

 

Adi Hartanto

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *