99% Terbukti! 7 Cara Mendapatkan Uang dari Blog

paket web hosting hostinger

Hallo teman-teman Sabtu Sore! Bagaimana akhir pekanmu? Semoga selalu menyenangkan, ya!

Pada kesempatan kali ini, saya ingin membagi pengalaman bagaimana cara mendapatkan uang dari blog. Pasalnya, pada era digital, mendapatkan uang dari blog bisa dibilang tidak terlalu sulit. Kunci utamanya adalah konsisten.

Nah, karena kunci utamanya adalah konsisten, saya pun memutuskan untuk memulai ngeblog pada 2014. Selain ingin memberikan informasi, ngeblog bisa menghasilkan uang setidaknya untuk membayar hosting dan domain. Namun, setelah dijalani selama 4 tahun, ternyata penghasilan yang didapatkan dari ngeblog cukup lumayan. Bahkan jika kamu ingin serius mendapatkan penghasilan utama dari blog, itu sangat mungkin sekali dilakukan.

Lantas, bagaimana tips dan caranya mendapatkan uang dari blog? Berikut 7 tips berdasarkan pengalaman cara mendapatkan uang dari blog:

1. Memiliki Blog

Punya blog sudah pasti! Pastikan pula blog kamu adalah blog TLD (Top Level Domain). Apa itu blog TLD? Blog TLD adalah blog dengan self domain, seperti .com, .net. .id, ,co.id dan sebagainya. Artinya blog yang kamu miliki adalah bukan blog gratisan. Misal, www.sabtusore.blogspot.com atau www.sabtusore.wordpress.com. Jadi, kamu harus memiliki domain dan hosting sendiri. Tujuannya, adalah agar nilai dan kualitas blog kamu semakin dipercaya pembaca dan mesin pencarian.

Tips: carilah nama domain sesuai topik yang kamu pilih.

Lalu, bagaimana cara membuat blog dengan top level domain? Nah, kamu bisa baca tutorial di sini.

2. Tentukan Topik

Menentukan topik adalah salah satu hal yang paling penting. Sebab, ini akan menentukan kamu untuk konsisten dalam menulis blog. Jadi, carilah topik sesuai minat kamu. Misalnya, digital marketing, game, berkebun, pelajaran, traveling, otomotif dan sebagainya. Jika sudah menemukan topiknya, teruslah menulis secara fokus tentang topik yang kamu pilih. Tentunya, kamu bisa menulis dari berbagai sudut pandang.

3. Membuat konten

Pernah mendengar istilah “content is king”? Yes, istilah ini sangat benar 100%. Jangan sekali-kali membuat konten asal-asalan atau copas jika kamu ingin mendapatkan uang dari blog. Jika isi konten blog kamu berkualitas, pengunjung tidak segan untuk mengikuti update-an dari konten kamu.

Tips: Biasakan update di blog kamu setiap hari!

4. Daftar Google Adsense

Jika blog kamu sudah memiliki konten-konten berkualitas, segeralah untuk mendaftar Google Adsense. Google Adsense adalah program monetize dari Google dengan sistem cpc (cost per click). Nah, jika penghasilanmu sudah mencapai 100$, kamu sudah bisa mengambilnya.

5. Program Affiliate

Di negara lain, program affiliate merupakan salah satu program digital marketing yang paling mudah dan sukses dijalankan. Kamu hanya mendaftar affiliate ke situs-situs yang menyediakan program affiliate, seperti e-commerce, bank, asuransi, ebook, dan lainnya. Cara kerjanya sangat sederhana! Kamu hanya memasang banner atau link situs tersebut di blog kamu. Jika pengunjung blog kamu klik bannner atau link tersebut, kemudian dia membeli produk atau jasa dari situs penyedia affiliate, maka kamu berhak mendapatkan komisi.

6. Blog Review

Istilah endoser tidak hanya ada di media Instagram aja, lho. Di blog pun kamu bisa menjadi endoser. Jika blog kamu memiliki konten yang menarik dan berkualitas, brand/advertiser pun tidak segan membayar kamu mahal untuk setiap produk yang di-review. Untuk mencari network ke brand/advertiser, kamu bisa ikut acara peluncuran produknya . Cara lainnya adalah kamu bisa mendaftar platform yang mempertemukan advertiser dengan publiser. Saat ini sudah banyak plafform-nya, buruan googling!

7. Jualan Online

Jangan berpikir ngeblog tidak bisa jualan online. Meskipun konten kamu artikel, kamu bisa menambahkan blog kamu plugin e-commerce. Nanti di blog kamu akan keluar seperti produk detail. Jika terlalu ribet, kamu bisa kok jualan produk di post artikel. Tentunya kamu harus membuat artikel tersebut lebih menarik dengan bahasa soft selling.

Tips: Jika bisa produk yang dijual sesuai dengan topik blog kamu!

Nah, nggak terlalu sulit kan cara mendapatkan uang dari blog. Asalkan kamu terus konsisten membuat konten berkualitas, dijamin 99% kamu akan mendapatkan uang dari blog.

Adi Hartanto

Hygge life | Commuterline | kotaksurat1281@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *