Berencana Resign dari Kantor? Yuk Beralih ke Bisnis Online yang Menjanjikan

bisnis online

Kamu berencana resign dari pekerjaan lalu ingin berbisnis online? Sudah ada bayangan mendapatkan penghasilan dari internet?
Jangan khawatir, berbisnis online pada dasarnya sangat mudah dilakukan dan memiliki banyak peluang untuk mendapatkan penghasilan lebih dibanding bekerja sebagai pegawai kantoran. Kuncinya adalah dilakukan secara konsisten serta komitmen yang kuat.
Lantas, ide bisnis online apa saja yang bisa dilakukan untuk kamu yang berencana mau berhenti menjadi karyawan? Berikut beberapa ide bisnis online yang bisa kamu coba:

1. Membuat website, ngeblog!

Bagi orang biasa di dunia internet marketing, membuat website memang sangat mudah. Namun, bagi yang baru terjun ke internet marketing, membuat website sesuatu hal yang sangat sulit.

Jangan khawatir! Bagi kamu yang masih bingung cara membuat website, kamu hanya mencari layanan web hosting di internet. Biasanya di sana kamu akan dipandu membuat website hingga selesai.

Atau kamu yang sebelumnya sudah mengenal dan terbiasa menggunakan wordpress, kamu bisa menggunakan layanan WordPress Hosting. WordPress hosting adalah sebuah layanan hosting yang dibuat khusus untuk para pengguna CMS WordPress sehingga para pemilik website bisa fokus pada konten blog/wordpressnya tanpa harus repot-repot mengurus masalah teknis seperti kecepatan loading (speed), keamanan (security), dan masalah resource limit yang membatasi.

Nah, jika website sudah jadi. Mulailah ngeblog! Ada hal yang musti diperhatikan dalam ngeblog, yakni membuat konten secara konsisten dan berkualitas. Ingat jangan harap website kamu banyak pengunjungnya, jika konten blog kamu tidak berkualitas. Pemasang iklan pun enggan memasarkan produknya, jika konten blog kamu asal dan seadanya.

2. Monetize Blog

Jika kamu sudah memiliki blog yang menarik dengan konten berkualitas, jangan lupa blog tersebut di-monetize. Cara yang paling mudah untuk monetize blog adalah Google Adsense. Kamu bisa mencari tahu bagaimana cara monetize Google Adsense di blog kamu di internet atau buku panduan. Percayalah, semakin blog kamu banyak pengunjungnya, maka semakin banyak pula uang yang dihasilkannya.

3. Affiliate Marketing

Ada yang belum pernah mendengar istilah affiliate marketing? Affiliate marketing pada dasarnya adalah proses mendapatkan komisi dengan mempromosikan produk orang lain. Misalkan mempromosikan produk seperti ebook, produk bank , video serie, dll. Jenis pemasaran affilitae ini dapat memberi kamu komisi hingga 50% atau lebih.

Contoh lain adalah affiliate marketing Amazon. Banyak orang yang sukses dengan program affilitae Amazon. Di sana ada jutaan produk untuk dipilih, kemudian kamu pasarkan melalui affiliate. Jika menjelang Natal dan tahun baru, biasanya momen itu “musim panen” bagi anggota affiliate Amazone. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa melihat Program Amazon Associates.

Catatan: Sebelum memulai affiliate marketing, ada baiknya kamu memiliki setidaknya pengetahuan dasar tentang SEO dan copywriting.

4. Instagram Sponsorships

Apakah kamu termasuk orang yang narsis di Instagram? Jika iya, bangunlah follower kamu sebanyak-banyaknya, karena bisnis online ini memiliki peluang besar mendapatkan penghasilan dari sponsorship. Misalnya, jika akun kamu berfokus pada kebugaran, maka kamu bisa mendapatkan berpeluang di-endoser oleh produk seperti susu, vitamin, suplemen, dll. Saat ini sudah banyak selebgram yang mendapatkan penghasilan lebih dengan menjadi endoser sebuah produk atau jasa.

5. SEO Specialist

Istilah SEO (Search Engine Optimization) mungkin sudah tidak asing lagi di dunia bisnis online. Secara sederhana SEO merupakan bagian dari digital marketing yang mengacu mendapatkan sebuah website mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di mesin pencarian, seperti Google.

Bisa dikatakan, SEO merupakan keterampilan yang sangat dihargai di dunia digital marketing. Alasannya adalah kita dituntut mengikuti algoritmanya Google. Alhasil kita terus menguji strategi teknik-teknik SEO yang kita terapkan ke dalam website.

Jika kamu jago menguasai SEO, banyak perusahaan yang siap membayar dengan harga tinggi.

6. Jualan Online

Bisnis online ini merupakan salah satu bisnis yang paling banyak dilakukan. Kamu hanya mencari supplier produk yang laku di pasaran, lalu kamu menjualnya di berbagai platform, seperti e-commerce, website, facebook ads, Instagram, dan lainnya.

Jika kamu menemukan cara dan strateginya berjualan online, tak dipungkiri kamu akan bisa cepat sukses tanpa harus memilki toko.

So, gimana sudah menentukan mau berbisnis online seperti apa? Yap, semoga artikel ini bermanfaat buat kamu ya! Goodluck!

Adi Hartanto

Hygge life | Commuterline | kotaksurat1281@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *