Berpetualang di Gunung Gede Pangrango Bogor

gunung gede pangango
sumber: www.gedepangrango.org

Bagi yang kamu memiliki jiwa berpetualang, tentu sangat suka dengan tempat wisata alam liar yang menantang.

Mungkin, salah satu destinasi alam yang paling menarik untuk dikunjungi adalah gunung. Ya, mendaki gunung memang memiliki pengalaman yang luar biasa bagi yang suka tracking atau camping. Selain keindahan alamnya yang menakjubkan, gunung memberikan banyak pelajaran dan sentuhan emosional bagi si pendaki.

Bagi kamu yang ingin berpetualang dan berinteraksi di alam pegunungan, kamu bisa mencoba destinasi Gunung Gede Pangrango di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Gunung yang pernah didaki Soe Hoek Gie ini, memiliki ketinggian 3.019 meter dari permukaan laut dan berada di tiga Kabupaten, yaitu Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Cianjur.


Wisata Alam di Gunung Gede Pangrango Bogor

Ada beberapa spot yang kamu bisa nikmati keindahannya. Kamu bisa berpetualang sambil memacu andrenalin dengan menjelajah alam secara langsung.

  1. Alun-alun Surya Kencana

Kamu ingin menikmati hamparan bunga edelweiss? Kamu bisa mengunjungi Alun-alun Surya Kencana yang menjadi daya tarik para pendaki untuk menikmati bunga cantik sambil berfoto. Tapi ingat, kalau kamu ingin menikmati melihat bunga ini saat bermekaran sempurna, datanglah ke sini sekitar Juni hingga Agustus.

2 . Lembah Mandalawangi

Hamparan bunga edelweiss tidak hanya kamu temukan di Alun-alun Surya Kencana. Kamu bisa menikmati keindahan padang bunga edeilweiss di Lembah Mandalawangi.

Di spot ini kamu juga bisa melihat pemandangan Gunung Salak dan Gunung Halimun. Oya, ketika sore, tempat ini memiliki pemandangan matahai terbenam yang sangat indah

3. Curug Cibereum

sumber:pegipegi.com

Di tengah pendakian kamu pasti akan menemukan berbagai pengalaman yang menakjubkan. Salah satunya adalah melihat dan merasakan derasnya air terjun Curug Cibereum. Bearada di ketinggian 1.675 mdpl, air terjun ini bagaikan oase pendaki dalam melepas lelah sambil menikmati kesegaran air terjun sambil mengembil berfoto.

4. Pos Air Panas

gunung gede pangrango
sumber: ismimei.wordpress.com

Selain kamu menemukan kesegaran air terjun, kamu juga akan menemukan sumber air panas di Pos Air Panas.

Meski medan yang dilalui agak sulit, namun tidak ada salahnya kamu harus merasakan kehangatan air panas pegunungan. Dengan catatan, kamu harus tetap berhati-hati melewati track ini ya.

5. Telaga Biru

sumber: tripadvisor

Jika kamu melakukan pendakian melalui jalur Cibodas, siap-siap menyaksikan keindahan Telaga Biru. Telaga Biru meupakan sebuah telaga di tengah hutan yang terletak pada ketinggian 1,575 mdpl.

Dari pintu masuk Cibodas, kurang lebih 1,5 km perjalanan kamu sudah bisa menemukan Telaga Biru. Jangan khawatir, medan menuju Telaga cenderung landai dan jalurnya mudah dilalui.

6. Kandang Badak

sumber: youtube

Di pos terakhir sebelum bertemu dengan percabangan jalur menuju puncak Gunung Gede, kamu akan bertemu dengan Kandang Badak. Tapi jangan salah lho ya, ini bukan kandang badak dalam arti sesungguhnya.

Iya, di sini adalah tempat para pendaki akan membangun tenda untuk beristirahat, makan, ataupun beribadah.

Tempatnya sangat rindang dan udaranya yang sejuk. Jadi, kamu bisa menikmati suasana pergunungan sambil minum kopi atau makan cemilan, kaena tempat ini banyak oang yang berjualan.


Harga Tiket Gunung Gede Pangrango

Harga tiket masuk ke Gunung Gede Pangango setiap pendaki sebesar Rp 27.500 dan Rp 32.500 untuk akhir pekan. Harga tersebut sudah termasuk biaya asuransi, retribusi pendakian, dan tiket masuk Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Jika kamu ingin mendaki, wajib mendaftar online telebih dahulu di situs resminya https://www.gedepangrango.org/booking/


Akses Menuju Gunung Gede Pangrango

Untuk akses jalan, Gunung Pangrango dapat melalui jalur Gunung Putri, Cibodas, dan Selabintana. Namun, hanya jalur pendakian Gunung Putri dan Cibodas yang paling dipilih pendaki untuk menuju puncak Gunung Pangrango.

Untuk mendaki melalui Gunung Putri, perkiraan waktu pendakian sekitar 6 jam. Jika kamu berangkat pendakian dari jalur Cibodas, perkiraan waktu pendakian sekitar 8 jam. Jalur ini merupakan akses yang paling mudah, jika kamu berangkat dari Bogor.


Hotel di Bogor

Jika kamu berasal dari luar kota, dan ingin menikmati tujuan wisata menarik lainnya di Bogor, kamu bisa menginap hotel di bogor. Jika kamu rombongan, opsi penginapan yang paling tepat adalah villa atau resort. Banyak sekali Villa di Bogor dengan menawakan harga murah dan strategis dengan pendakian via jalur cibodas atau Gunung Putri.

Nah, jika kamu berencana mengunjungi wisata petualang di Bogor, jangan lupa untuk booking hotel dengan harga promo. Kamu bisa mendapatkan promo hotel murah melalui online di pegipegi.com. Selain menawarkan promo harga hotel murah, fitur pegipegi.com sangat memudahkan dalam proses booking. Semua lengkap dengan beragam pilihan harga dan fasilitas hotel, resort atau villa.

Selamat menikmati wisata petualang di Bogor, ya!

Adi Hartanto

Hygge life | Commuterline | kotaksurat1281@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *