Cara Jitu Raup Keuntungan dari Bisnis Baju Lebaran  

Blouse wanita

Jelang lebaran seperti sekarang ini, ada banyak orang yang tertarik untuk menekuni bisnis baju lebaran. Meski merupakan bisnis musiman, namun sejatinya usaha ini memiliki peluang yang cukup besar. sukses meraup keuntungan besar dari bisnis baju menjelang lebaran bukanlah sesuatu yang mustahil karena terbukti banyak yang berhasil melakukannya. Sayangnya, banyak orang yang kemudian merasa ragu untuk terjun di bisnis ini karena takut bersaing, takut tidak laku dan lain sebagainya. Pemikiran-pemikiran negatif semacam itu sejatinya tidak beralasan karena pangsa pasar di bisnis ini sangatlah besar mengingat hampir semua lapisan masyarakat dari berbagai kalangan akan berburu baju lebaran, tidak terkecuali yang Bergama non-muslim.

Namun tentu saja, untuk dapat sukses di bisnis baju lebaran ini dibutuhkan dibutuhkan usaha dan kegigihan. Nah, berikut ada beberapa tips sukses berbisnis baju menjelang hari raya lebaran:

  • Menentukan jenis pelayanan

Jika Anda memiliki modal yang terbilang cukup besar, maka mencoba menjadi penjual baju lebaran secara grosir atau menjadi produsen baju dengan merek sendiri bisa dilakukan. namun, jika modal Anda terbilang cukup terbatas, menjadi penjual eceran merupakan satu langkah yang cukup bijak. Anda pun bisa mengkhususkan diri pada segmen tertentu, misalnya menjual baju lebaran keluarga, baju anak-anak, baju muslim wanita dan sebagainya karena dengan demikian Anda bisa membatasi modal yang harus Anda keluarkan sekaligus menekan resiko kerugian.

  • Menentukan target pasar

Menentukan target atau spesifikasi konsumen menjadi satu yang sangat penting. Ketika Anda membidik satu target pasar atau pangsa pasar tertentu, maka Anda bisa membatasi produk yang akan Anda jual, yang berarti akan semakin banyak model baju lebaran di satu segmen, yaitu di segmen yang Anda bidik tersebut. Bayangkan apabila Anda tidak menentukan segmen pasar, maka Anda akan kebingungan dalam melengkapi koleksi pakaian lebaran yang akan Anda jual. Selain modal Anda akan membengkak, Anda juga akan kesulitan untuk melakukan update produk.

  • Ikuti trend

Ketika berbicara tentang produk fashion, maka trend adalah satu hal yang wajib untuk Anda ikuti. Sebagai penjual, Anda wajib mengetahui trend baju lebaran yang sedang diminati saat ini karena dengan begitu konsumen akan dengan mudah tertarik untuk membeli dari anda.

  • Jangan menjual harga

Maksudnya adalah jangan mengedepankan harga murah. Saat lebaran, pada umumnya masyarakat memiliki dana berlebih sehingga mereka enggan membeli produk berlabel “murah”. Namun, Anda bisa memberikan embel-embel berkualitas pada promosi yang Anda lakukan, misalnya dengan “baju lebaran murah berkualitas”. Harga yang terlampau murah justru akan membuat konsumen curiga dan berpikir bahwa produk Anda berkualitas jelek.

  • Lakukan metode penjual secara online maupun offline

Untuk mendukung marketing atau pemasaran anda, sebaiknya jual produk baju lebaran baik secara offline maupun online dengan memanfaatkan keberadaan media sosial.

Adi Hartanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *