Cara Memaksimalkan Facebook untuk Berjualan

Cara Memaksimalkan Facebook untuk Berjualan

Salah satu cara mencari pendapatan tambahan adalah dengan membuat suatu usaha yang bisa dijalankan dengan waktu yang fleksibel. Untuk saat ini, salah satu usaha yang banyak digemari adalah bisnis online dengan memanfaatkan media sosial facebook. Berjualan di facebook saat ini menjadi pilihan yang cukup baik karena bisa dijalankan dimana saja dan kapan saja tanpa terbatas waktu dan tempat.

Nah, agar membuat toko belanja laris manis di facebook, maka Anda perlu melakukan beberapa strategi yang bisa memancing konsumen sehingga mau berbelanja di tempat Anda. Apa saja strateginya? Berikut di bawah ini cara memaksimalkan facebook untuk berjualan:

  • Manfaatkan Fanpage

Jika Anda ingin berjualan via facebook, gunakanlah fanspage. Fanspage sangat bermanfaat untuk berjualan, karena pertemanan di halaman ini tidak terbatas. Berbeda halnya dengan facebook personal, yang hanya bisa menampung pertemanan sebanyak 5000 orang.

  • Perencanaan konten

Jika Anda benar-benar berniat untuk berbisnis via facebook, buatlah perencanaan konten yang berisi status update yang bermanfaat. Selain berjualan, Anda bisa mengisi konten, seperti berisi tips, kutipan, gambar yang menarik, serta berbagai artikel bermanfaat. Tujuannya, agar konsumen atau followers tidak bosan dengan postingan kita yang berisi produk dagangan.

  • Jadwal konten

Agar postingan sesuai rencana, Anda bisa memanfaatkan fitur update status terjadwal untuk memudahkan update status saat sibuk. Fitur ini adalah fitur penjadwal otomatis yang disediakan facebook dan berfungsi memudahkan proses update status.

  • Gunakan Facebook Ads (iklan)

Gunakanlah fitur facebook Ads dengan harga terjangkau untuk meningkatkan jumlah likes dari fanspage kita. Dengan menggunakan Facebook Ads ini sangat berguna untuk mengiklan produk yang kita jual ke target market yang tersegmentasi. Misalnya, wanita atau pria, usia tertentu, area tertentu, dan lainnya.

  • Perbanyak “like”

Jumlah “like” adalah calon konsumen kita. Semakin besar “like” maka semakin besar calon konsumen yang ingin membeli produk kita. Jadi, berfokuslah untuk memperbesar “like”.

  • Interaktif dengan fans

Jangan lupa untuk interaktif dengan fans kita. Buatlah percakapan, seperti menjawab pertanyaan. Percakapan seperti ini, sangat penting untuk membangun relasi dengan calon konsumen. Ingat, usahakan respon paling lambat minimal 12 jam.

  • Jualan

Jika Anda ingin mempromosikan produk yang ingin dijual, gunakanlah banner faspage, dan status gambar. Pastkan jika ada promosi produk, gambar atau posternya harus jelas dan disertai informasi kontak.

  • Konsisten

Hal penting dalam strategi berjualan melalui facebook adalah konsistensi untuk update status. Anda bisa melakukan update status sebanyak 4-6 status per hari.

  • Tolak ukur

Jangan lupa lakukan pengukuran secara rutin dari fanspage Anda. Anda bisa menemukan letaknya di bagian kanan atas (view insight). Di sini Anda bisa mengukur jumlah pertumbuhan fans, reach (jangkauan), demografi, viral, dan efektivitas status.

Adi Hartanto

3 Comments

  1. Selama ini saya hanya menggunakan fanspage saja gan, mau pasang iklan seperti blog blg berita terkenal itu, tapi takut harganya kemahalan.
    apa agan punya referensi harga iklan di FB ya? lebih mahal mana kira – kira sama di google itu?
    makasi

    • Menurut saya kalo jenis usahanya masih skala kecil, fanpage sudah cukup baik. Tapi, kalau bisnisnya sudah besar bisa memasang di google adword atau fb ads. Dua-duanya tentunya punya keunggulannya masing-masing. Tapi setahu saya, lebih mahal google adword. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *