Donor Darah, Yuk!

donor darah

Kegiatan donor darah di Mall Royal Plaza Surabaya

1 Maret 2015. Menikmati akhir pekan pertama di bulan Maret, saya ingin ada sesuatu yang berbeda dengan akhir pekan sebelumnya hehe. Jika biasanya di akhir pekan, saya mengisinya dengan makan bersama  isteri, jalan-jalan, ngemall, atau nonton, maka akhir pekan kemarin tidak. Meskipun akhir pekan itu saya tetap ke mall bareng isteri, namun kami bukanlah untuk belanja atau nonton. Kami ngemall ingin melakukan kegiatan donor darah. Yap, donor darah!

Bukan sebagai gagah-gagahan atau sok sosial. Awalnya cerita bisa donor darah, yakni tiga hari sebelumnya kami ke Yayasan Nurul Hayat Surabaya untuk mengurus aqiqah putri kami. Di saat itu, karyawan Nurul Hayat juga menawarkan kepada saya untuk donor darah yang diselenggarakan atas kerja Nurul Hayat dan Pundi Amal SCTV. Tanpa pikir panjang, saya pun meng-iyakan tawaran untuk donor darah.Kebetulan, di kantor saya rutin menyelenggarakan kegiatan donor darah setiap 6 bulan sekali.

Bagaimana rasanya donor darah? Sakit gak sih? Saya takut lemes…

Saya tidak akan menjelaskan bagaimana rasanya donor darah. Tapi, yang jelas sewaktu pertama kali donor darah, saya langsung ketagihan untuk mendonor secara rutin. Saya juga seseorang yang takut dengan jarum suntik dan melihat darah. Dulunya, saya pun memiliki pertanyaan yang sama, seperti apakah gak lemes? Sakit gak sih? Tapi, setelah pertama saya melakukan donor darah pmi, pertanyaan itu semuanya terjawab.

Apa fungsi donor darah? Banyak!
Fungsi donor darah, diantaranya: membantu sirkulasi darah, melindungi jantung, mencegah stroke, membantu membakar kalori, meningkatkan kesehatan psikologis, dan masih banyak lagi manfaat lainnya donor darah.

Jadi, kegiatan donor darah bisa menjadi pilihan menikmati akhir pekan yang menyenangkan. Untuk dimana aja yang menyelenggarakan atau jadwal donor darah, kamu bisa cari infonya di Palang Merah Indonesia. Satu kantong darah, bisa menyelematkan 1 nyawa seseorang lho…

Teks/Foto: Adi

Adi Hartanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *