Jalan-Jalan di Car FreeDay (CFD) Surabaya [Foto]

Mumpung sedang berkunjung ke rumah orangtua (isteri) di Surabaya, saya tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk  menikmati Car Free Day (CFD) Jalan Raya Darmo, Surabaya. Hal ini, membuat saya ingin merasakan perbedaan dengan CFD di Jakarta. Soalnya hampir setiap minggu, saya dan isteri memanfaatkan jalur CFD untuk berolahraga atau wisata kuliner :)

Minggu (14/12) pagi, saya dan isteri pun langsung menuju ke Jalan Raya Darmo. Waktu itu jam menunjukkan pukul 06.00 WIB, namun  jalur di sepanjang Jalan Raya Darmo sudah dipenuhi oleh warga ingin berolahraga. Ada apa aja di CFD di Jalan Raya Darmo Surabaya? Berikut foto-foto CFD di Raya Darmo Surabaya:

 

CFD 8

Warga Surabaya yang menikmati CFD di Jalan Raya Darmo. Ada yang berjalan santai, lari, bersepeda, dan senam.

CFD 9

Car Free Day (CFD) di Jalan Raya Darmo sudah diselenggarakan sejak Agustus 2008.

CFD 10

Bersepeda merupakan salah satu kegiatan yang paling banyak digemari untuk menikmati CFD.

CFD 7

Berbeda dengan CFD di Jakarta, CFD di Jalan Darmo hanya berlangsung mulai pukul 06.00 WIB – 09.00 WIB. Selama 3 jam, CFD di Jalan Raya Darmo diklaim dalam setahun mampu mereduksi kadar CO2 sebanyak 27.017,113 kg

CFD 2

Jalur lintasan CFD dimanfaatkan masyarakat untuk senam bersama. Banyak masyarakat yang antusis dengan adanya kegiatan senam. Mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga usia lansia.

CFD 5

Sepasang suami isteri yang mengajak anaknya di CFD. Anak tersebut terlihat belajar berjalan. Lucunya…

CFD 6

Jarak tempuh CFD di Jalan Raya Darmo, yakni 1,57 KM.

CFD 4

Taman Bungkul yang menjadi kebanggan warga Surabaya. Taman Bungkul terletak di Jalan Raya Darmo. Selain bisa menikmati CFD, warga pun kerap berkunjung ke taman yang tak pernah sepi.

CFD 3

Begitu pun di CFD Surabaya, banyak organisasi atau LSM yang mengkampanyekan berbagai isu.

CFD 11

Ada berbagai pedagang yang menjajakan barang dagangannya di CFD Jalan Raya Darmo. Mulai dari makanan, mainan anak, hingga pakaian.

CFD 12

Selain di jalan Raya Darmo, CFD di Surabaya juga diselenggarakan di 3 lokasi lainnya, yakni di Jalan Tunjungan, Jalan Kertajaya, dan Jalan Jimerto.

Foto-Foto: Adi

Adi Hartanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *