Jenis – jenis Kamera Digital

jenis-jenis kamera digital

Beragam jenis kamera digital

Di jaman dengan kemajuan tekhnologi yang sangat pesat seperti sekarang ini, kita bisa menemukan begitu banyak pilihan dalam hal jenis dan tipe kamera digital. Setiap jenis kamera digital memiliki kemampuan yang berbeda-beda dan hal ini sangat mempengaruhi harga jual dari kamera tersebut. Berikut ini adalah beberapa jenis atau tipe kamera digital yang umum ditemukan saat ini:

  • Kamera saku atau kamera digital compact

Sesuai dengan namanya, kamera digital yang satu ini merupakan jenis kamera yang dapat dengan mudah disimpan dalam saku baju karena ukurannya yang ringkas. Kamera ini merupakan jenis kamera yang paling populer dikalangan masyarakat umum karena fiturnya yang mudah dipahami serta adanya pengaturan secara otomatis. Harga kamera digital yang satu ini tergolong paling terjangkau bila dibandingkan dengan kamera digital jenis lainnya.

jenis-jenis kamera digital

 

  • Kamera prosumer atau bridge camera

Kamera ini merupakan jenis kamera yang bisa dikatakan sebagai kamera semi profesional yang menjembatani antara kamera digital saku dengan kamera DSLR. Kamera ini memiliki fleksibilitas seperti yang dimiliki oleh kamera saku namun memiliki kualitas yang hampir sama dengan kualitas kamera DSLR. Settingan pada kamera ini ada yang bisa diatur secara manual dan ada juga yang bisa diatur untuk berfungsi secara otomatis. Harga kamera prosumer juga berada di tengah-tengah, diantara harga kamera saku dan kamera DSLR.

 

jenis-jenis kamera digital

 

  • Kamera DZLR

Kamera yang satu ini memiliki hampir semua kelebihan yang dimiliki oleh kamera DSLR sehingga tidak heran bila banyak fotografer yang juga memiliki kamera jenis ini. Satu hal yang membedakannya dengan kamera DSLR adalah pada lensanya, dimana kamera ini tidak bisa diganti lensanya.

 

jenis-jenis kamera digital

  • Kamera Hybdrid atau Mirrorless

Jenis kamera yang satu ini merupakan kamera yang hampir sama dengan kamera DSLR dengan perbedaan dimana kamera ini tidak memiliki Mirror. Harga kamera mirrorless hampir sama dengan kisaran harga kamera DSLR, dan dengan kelebihan yang ditawarkannya, kamera jenis ini menjadi salah satu pilihan populer belakangan ini.

jenis-jenis kamera digital

 

  • Kamera DSLR

Kamera ini merupakan kamera yang sangat digemari oleh para fotografer profesional karena memiliki berbagai kelebihan dan pastinya kualitas gambar yang dihasilkan juga sangat tinggi. Kamera DSLR ini sendiri terbagi atas beberapa jenis mulai dari kamera DSLR level konsumer yang harganya relatif lebih terjangkau, kamera semi pro DSLR yang sering dipergunakan di studio foto, dan tentu saja kamera DSLR yang dipergunakan oleh para profesional.

 

Nikon

  • Action Cam 

Kamera yang memiliki bentuk mungil ini, sedang menjadi trend di masyarakat. Biasanya penguna kamera ini adalah orang yang suka kegiatan ekstrim. Gambar yang dihasilkan kamera ini juga cukup bagus. Tak hanya itu, kamera ini sangat mudah untuk mengkoneksi ke smartphone, sehingga sangat mudah dan cepat untuk share di sosial media dengan bantuan wifi. Bebearpa brand terkenal kamera ini adalah GoPro, Xiaomi Yi, dan Kogan.

Support_2Photo_box_2

 

Jenis kamera yang berbeda memiliki kisaran harga yang berbeda pula. Selain itu, spesifikasi yang ditawarkan oleh masing-masing kamera juga sangat mempengaruhi harga yang ditawarkan. Ragam pilihan jenis  kamera tersebut pastinya bisa memenuhi kebutuhan dan budget setiap orang yang ingin memiliki sebuah kamera.


Adi Hartanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *