KAMERA MIRRORLESS SEMAKIN DIMINATI KETIMBANG KAMERA DSLR

kamera mirroleess

Kecanggihan tehnologi yang juga berdampak pada perkembangan dunia kamera digital ini rupanya membuat minat pasar juga berubah. Ketika dulu banyak masyarakat pecinta fotogrfi lebih meminati kamera digital single lens reflect, sekarang kamera mirrorles lebih diminati. Hal ini kemungkinan juga disebabkan dengan smekain banyaknya toko kamera yang menawarakn kamera mirrorless dengan berbagai merk dengan harga kamera mirorrless yang juga bervariasi. Jadi, wajar ketika banyak orang mulai beralih dari kamera DSLR atau digital single lens reflect ke kamera mirrorless.

Secara kualitas, kamera mirrorless juga tidak kalahdengan kamera DSLR yang sebelumnya lebih dipercaya karena bentuk dan fiturnya yang cukup meyakinkan para pecinta fotografi. Namun, dengan harga kamera mirrorless yang cukup terjangkau membuat para pencintaa fotografi lebih memilih kamera mirrorless dibanding kamera DSLR karena beberapa pertimbangan lain yang juga menggiurkan. Jika dilihat dari hasil riset oleh Camera & Imaging association (CIPA), minat pasar terhadap kamera digital single lens reflect atau kamera DSLR ini semakin menurun drastis dan popularitas pembelian kamera DSLR mulai tergantikan dengan minat beli kamera mirrorless. Tahun 2015, populasi kamera mirrorless berhasil mengalahkan DSLR di Asia yang sudah mencapai 40,79% dan Jepang 21,07%. Sedangkan DSLR di Asia hanya menguasai 38,48%, Jepang 10,71%.

Berbicara mengenai harga kamera mirrorless, sepertinya hal ini juga menjadi salah satu pertimbangan utama kenapa masyarakat awam lebih memilih kamera mirrorless ketimbang kamera digital single lens reflect. Kamera DSLR dianggap lebih mahal daripada kamer mirrorless, padahal dalam kenyataannya belum tentu seperti itu. Namun yang jelas, kelebihan kamera mirroless yang ringan dan mudah dibawa kemana-mana karena praktis tersebut yang sepertinya jadi pertimbangan utama kenapa masyarakat memilih kamera mirrorless sebagai pilihan utama di masa sekarang ini.

Dari sisi mekanisme kerja, kamera mirrorless juga lebih cepat dalam menangkap objek karena tidak adanya cermin pemantul untuk melihat objek seperti yang ada pada kamera DSLR. Adanya cermin ini ternyata menjadi penyebab utama kamera DSLR menangkap objek lebih lambat ketimbang kamera mirrorless. Hal itu juga menjadi kelebihan lain dari kamera mirrorless yang notabene harga kamera mirrorless cenderung lebih murah.

Oleh karena itu, rupanya produsen alat fotografi juga semakin berlomba dalam memproduksi kamera digital mirorrless ini karena peminatnya terus meningkat. Dengan harga kemara mirrorless yang cukup bersaing, tentunya kompetisi penjualan kamera mirrorless ini juga semakin seru yang pastinya punya dampak baik bagi pecinta fotografi. Semakin tinggi persaingan diantara produsen kamera, semakin bersaing juga kualitasnya dimana kita akan bebas memilih produk mana yang cocok dengan kita.

Adi Hartanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *