Kamu Backpacker Rookie? Jangan Lupa Bawa 7 Perlengkapan Ini!

Image reservasi

Foto: shutterstock

Dari sekian banyak traveler yang ada di dunia, apakah sudah tahu tipe traveler yang manakah kamu? Banyaknya jenis traveler itu ditentukan oleh gaya traveling dari masing-masing mereka. Sekian banyak perbedaan itu tentu saja bisa menghasilkan sensasi dan pengalaman yang berbeda.

Kalau traveler dengan bujet yang tipis dan destinasi yang cukup fleksibel biasa dinamakan dengan budget traveler. Kalau traveler dengan gaya traveling yang mewah dan dilengkapi dengan segala fasilitas yang wah, biasa disebut dengan jetset traveler.

Kalau backpacker masuk ke dalam kategori yang mana?

Sebenarnya backpacker traveler bisa saja dimasukkan ke dalam kategori budget traveler, namun banyak kok yang liburan membawa backpack dan masih memiliki gaya liburan yang ciamik dan di menggunakan pesawat dan akomodasi yang bintang lima.

Nah, sebenarnya perkara traveling dengan gaya backpacker seolah sudah menjadi sebuah gaya hidup. Banyak orang yang berlomba-lomba melakukan backpack traveling hanya karena ingin mencari nilai lebih dalam hidup. Bahkan sebagian lain mengaku kalau mereka melakukan backpack traveling karena ingin menjajal sebatas apa kekuatan dalam diri yang mereka miliki.

Kamu juga ingin mencobanya untuk pertama kali? Nah, pantang bagi kamu untuk meninggalkan barang-barang berikut ini:

  1. Universal adapter

Pentingnya colokan universal adapter ini rasanya lebih penting dari pada smartphone itu sendiri. Pasalnya di era digital ini kamu perlu sekali yang namanya komunikasi dan internet. Apalagi bagi kamu yang tidak terbiasa membaca peta dan papan informasi penunjuk arah.

Kalau tidak bisa mengisi daya karena colokan charger kamu tidak sama dengan colokan di negara destinasi kamu, wah bisa gawat. Bisa-bisa kamu terpaksa harus membeli colokan baru. Perlu kamu ketahui, di beberapa negara harga sebuah perlengkapan eleektronik bisa dua kali lipat lebih mahal dari pada harga di Indonesia.

  1. GPS dan Kompas

Dua benda ini baiknya selalu tersimpan rapi di dalam tas kamu. Terlebih lagi kalau memang kamu akan melakukan wisata alam, seperti misalnya mendaki gunung, menyusuri hutan, hingga mengarungi arus sungai dengan perahu karet.

Kita tidak akan pernah tau jika ke depannya nanti kita akan tersesat, tertinggal rombongan atau bahkan terseret arus sungai saat kapal yang kita tumpangi terbalik.

Kalau sudah punya GPS atau kompas ini kamu bisa setidaknya mencari arah pulang dan tempat awal kamu memulai perjalanan.

  1. Tripod Gorilla

Bagi kamu yang hobi fotografi dan berencana untuk melakukan backpack traveling, wajib sekali untuk membawa yang namanya Gorilla tripod.

Kenapa? Karena tripod ini amat lah multifungsi dan bisa menghemat tempat di dalam tas. Benda ini tidak akan terlalu memakan tempat untuk bisa dibawa kemana pun. Kaki-kakinya yang fleksibel amat memudahkan untuk diletakkan dan digantungkan di mana pun.

  1. Obat-obatan

Masalah obat-obatan adalah masalah yang krusial. Namun, saat kamu traveling dengan gaya backpacker bukan berarti harus meninggalkannya. Apalagi, membawa backpack yang bebannya cukup berat.

Tidak menutup kemungkinan kekurangan keseimbangan dan daya tahan tubuh. Kamu harus selalu siaga dan membawa balsam untuk persendian, multi vitamin, dan obat-obatan lainnya.

  1. Senter

Mungkin sebagian dari kalian akan merasa kalau kehadiran senter tidak begitu penting. Tapi, kalau diperhatikan lagi senter akan sangat berguna pada masanya. Meski destinasi yang akan kamu tuju bukanlah tebinng di entah berantah atau pun hutan belantara, kamu tetap harus memastikan senter ada di dalam tas kamu.

Apalagi untuk backpacker pemula, berbagai survival kit sudah pasti harus ada di dalam tas kamu.

  1. Pisau multifungsi

Tidak cuma senter, tapi pisau multi fungi ini juga perlu ada di dalam tas kamu. Tapi kamu harus meninggalkan pisau itu kalau kamu pergi traveling menggunakan pesawat dan menaruh tas kamu di kabin. Itu tidak sesuai dengan aturan penerbangan dan akan berkemungkinan besar membahayakan keselamatan penumpang lainnya di dalam pesawat.

Pisau ini akan membantu kamu untuk sekadar memotong kain, atau membuka kaleng makanan. Bahkan bisa saja jadi alat pertahanan diri dari tindak kriminal di kemudian hari.

  1. Makanan bernutrisi tinggi

Terkadang menjadi seorang backpacker akan menemui kesulitan finansial di hari-hari terakhir. Di saat-saat seperti itulah makanan extra nutrisi bisa membantu kamu mengganjal perut hingga kamu pada akhirnya dalam perjalanan pulang. Makanan ini juga setidaknya akan menolong menggantikan nutrisi-nutrisi yang hilang selama kamu membawa tas punggung kemana pun kamu melangkah di penjuru kota.

Ingin segera backpackeran perdana? Selain mempersiapkan barang-barang tersebut di atas kamu juga perlu mempersiapkan segala akomodasi dan rencana transportasi yang akan kamu gunakan. Sebagai permulaan kamu bisa cek harga tiket pesawat Lion Air. Lalu kalau tidak ada yang sesuai jadwal kamu, bisa langsung cek penerbangan lain dengan harga tiket murah di Reservasi.com.

Adi Hartanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *