Kapan Bisa Melakukan Senam Yoga untuk Ibu Hamil?

 

Yoga ibu hamil

Alhamdulillah usia kandungan saya sudah memasuki trimester kedua. Menurut dokter, di usia ini sudah aman bagi ibu hamil untuk melakukan beberapa aktivitas fisik ringan.Tentunya, saya juga ingin melakukan aktivitas fisik yang bermanfaat untuk memudahkan proses persalinan.

Setelah saya berselancar di google, saya menemukan aktivitas fisik paling popular untuk ibu hamil saat ini. Adalah senam yoga. Ya, akhir-akhir ini banyak sekali ibu hamil yang mengikuti kelas senam yoga. Bahkan, beberapa tempat fitness juga membuka kelas yoga untuk ibu hamil.

Dari beberapa testimoni di internet, mengikuti kelas senam yoga untuk ibu hamil ternyata sangat seru dan banyak manfaatnya. Namun, sebelum saya mengikuti kelas yoga, saya ingin mencari tahu tentang pelbagai hal mengenai yoga untuk ibu hamil.

Akhirnya, saya menemukan artikel tentang cara senam yoga untuk ibu hamil yang dikutip dari babycentre.co.uk. Berikut saya tuliskan informasi tentang yoga untuk Anda.

Apa sih yoga?
Yoga berfokus pada keseimbangan antara pikiran, tubuh dan pernapasan. Keseimbangan ini diciptakan melalui: latihan fisik dan postur (asana), latihan pernapasan (pranayama), relaksasi, dan meditasi. Ada berbagai jenis yoga untuk memenuhi kebugaran tubuh. Termasuk yoga untuk kehamilan dengan memodifikasi gerakannya agar dapat membantu Anda untuk tetap fit, kuat dan lentur.

Kebanyakan kelas senam yoga dimulai dengan sesi pemanasan untuk meregangkan punggung, lengan dan kaki. Selain itu, gerakan yoga juga akan membantu untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan. Kelas yoga tersebut biasanya diakhiri dengan relaksasi atau sesi meditasi sehingga Anda merasa segar. Umumnya kelas yoga berlangsung sekitar 90 menit.

Wah seru juga yah…
Apa manfaat dari yoga?
Jika Anda melakukannya secara teratur, yoga adalah cara terbaik untuk meningkatkan fisik, kesejahteraan mental dan emosional Anda. Setiap gerakan yoga sangat membantu Anda untuk:

Meningkatkan sirkulasi otot dan fleksibilitas.
Menyeimbangkan emosi melalui relaksasi, pernapasan dan meditasi.
Membuat merasa tenang
Meredakan ketegangan otot.

Bagaimana yoga untuk ibu hamil?         
Kehamilan adalah waktu yang ideal untuk memulai yoga. Gerakan tubuh untuk pemula lebih sederhana dari pada kebanyakan orang bayangkan. Biasanya, Anda akan memulai dengan gerakan lembut dan perlahan-lahan. Instruktur Anda juga akan memodifikasi gerakan sehingga sesuai dengan tahap kehamilan. Paling penting adalah dengarkan dan perhatikan setiap gerakan yang instruktur berikan.

Anda tidak perlu khawatir, gerakan yoga pada umumnya dirancang untuk meregangkan otot. Tapi jika Anda merasa sakit dan tidak nyaman saat melakukan senam yoga, sebaiknya memutuskan untuk berhenti. Selain itu, jangan ragu untuk beristirahat jika Anda merasa lelah selama kelas yoga. Minumlah air mineral secukupnya agar tidak terjadi dehidrasi. Sangat dianjurkan pula bagi Anda untuk mengonsumsi makanan ringan satu atau dua jam sebelum kelas senam yoga dimulai.

Jangan lupa untuk memberitahu dokter atau bidan sebelum melakukan senam yoga. Konsultasikanlah ke mereka dengan segala bentuk latihan pada yoga serta keluhan yang dirasakan ketika melakukan aktivitas fisik.

Jenis yoga apa yang paling cocok?
Pre-natal yoga. Yoga jenis ini dirancang khusus untuk melatih otot rahim dan panggul, guna menunjang perkembangan janin serta mempersiapkan tubuh untuk proses persalinan.

Yoga bisa bermanfaat bagi proses persalinan?
Yap. Senam yoga sangat bermanfaat untuk proses persalinan. Yoga bisa melatih otot panggul, agar menjadi lebih kuat dan elastis. Sirkulasi darah di sekitar daerah panggul juga lebih lancar, sehingga memudahkan Anda  melakukan persalinan secara normal. Selain itu, dengan latihan pernapasan selama yoga, Anda akan terbiasa melakukan napas pendek dan cepat, serta panjang dan dalam. Latihan napas panjang dan dalam bisa menenangkan calon ibu untuk melalui rasa sakit dalam proses persalinan, serta memicu sistem saraf yang memperlancar pembukaan dan peregangan dinding vagina.

Kapan bisa mulai melakukan yoga saat hamil?
Jika Anda belum pernah melakukannya yoga sebelumnya, maka waktu terbaik adalah pada trimester kedua atau sekitar 14 minggu. Sangat tidak dianjurkan melakukan yoga di trimester pertama. Meskipun tidak ada bukti bahwa melakukan yoga atau latihan lainnya di trimester pertama akan membahayakan kehamilan. Namun, untuk mencegah terjadinya keguguran, beberapa insruktur yoga merekomendasikan untuk tidak berlatih yoga di trimester pertama.

Adakah gerakan yoga yang dilarang untuk ibu hamil?
Ada. Berikut beberapa gerakan dan posisi yoga yang tidak dianjurkan untuk ibu hamil:

  • Berbaringtelentangsetelah usia kehamilan 16 minggu.
  • Latihan pernapasanyang melibatkanmenahan napasatau mengambil napas pendek.
  • Membentangkuat atauposisisulit yangmenempatkan Andadi bawah tekanan.
  • Berbaring diperut Anda(rawan)
  • Gerakan Upside-down (nungging)
  • Back bends.
  • Strong twists

Nah, Anda tertarik untuk mencoba yoga? Kalau tertarik Anda bisa mendaftarkan di tempat-tempat latihan yang menyediakan kelas yoga untuk ibu hamil. Selamat mencoba :)

Oleh: Agusniar Ditasani R

Adi Hartanto

4 Comments

  1. Ijin sharing info kegiatan yg dapat membuat ibu hamil happy dan lancar saat melahirkan ya. . Ikuti :

    PELATIHAN 3 HARI PRENATAL VINYASA YOGA bersama ERNA NENA

    Erna Nena adalah Founder of Soft Prenatal Yoga dan Indonesia’s Leading Prenatal Vinyasa Yoga Ambassador, Asisten Jennifer More (Founder & Creator of Prenatal Vinyasa Yoga) saat teacher training di Ubud Bali.

    Dalam pelatihan ini, Erna Nena akan mengajarkan anatomi ibu hamil, mengatasi keluhan saat hamil, persalinan gentle birth, dan Postur-postur Prenatal Vinyasa Yoga yang sangat aman dilakukan pada setiap trisemester kehamilan.

    Pelatihan ini dapat diikuti oleh tenaga medis dan praktisis yoga yang ingin menjadi instruktur prenatal yoga serta ibu hamil yg ingin  dapat berlatih secara mandiri.

    Kapan?
    Minggu, 8, 15, 22 Nopember 2015, Pukul 08.00 – 17.00 WIB.

    Di mana?
    XO STUDIO BANDUNG, Jl. Terusan Jakarta 30i Antapani ( Sebrang Borma) Bandung

    Fasilitas :
    Buku manual + DVD, Makan siang + snack, perlengkapan berlatih yoga (selimut, matras, guling, block yoga) dan sertifikat. 

    Selain itu, otomatis akan masuk menjadi networking KIY Bumil (Komunitas Instruktur Yoga Ibu Hamil) yg disupervisi oleh Erna Nena dan di bawah Manajemen XO Studio Bandung.

    Biaya : Rp. 1.750.000,-. Khusus Mahasiswa Rp. 1.500.000,- DP. Rp. 500.000,- (terbatas 15 peserta)

    Info dan Pendaftaran : 08139140214 / extraordinarystudio@gmail.com 

    Gunakan outfit olahraga saat pelatihan!!

    *Dapatkan Partial Scholarship Teacher Training Prenatal Vinyasa Yoga bersama Jennifer More, 3-13Nov 2016 di Ubud Bali (Bagi yang berminat memperdalam Prenatal & Post Natal Vinyasa Yoga)

    ** silahkan di share..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *