Membaca Berita Online Hari Ini Sebelum Berangkat ke Kantor

Sebelum berangkat ke kantor, kalau dulu mungkin kita terbiasa ambil koran dan menikmati isi berita terbaru hari ini. Mungkin juga sambil ditemani kopi dan sambil sarapan. Tapi untuk saat ini mungkin yang kita ambil adalah HP lebih dulu. Lalu untuk mengetahui apa peristiwa terkini yang sedang berlangsung, kita buka berita hari ini sindonews.

Ada perubahan pola mengonsumsi berita yang terjadi pada diri kita. Kalau dulu koran adalah salah satu sumber berita yang sering kita gunakan, kini sebagian orang sudah memilih untuk membaca berita online.

Bagi yang terbiasa baca berita sebelum berangkat kantor ini sebetulnya kebiasaan yang sangat baik. Sebab mungkin saja ada berita penting yang erat kaitannya dengan diri kita atau kantor tempat kita bekerja.

Misalnya di halaman bisnis ada berita kalau perusahaan tempat kita bekerja  itu sahamnya sedang naik. Itu berarti performance perusahaan kita sedang bagus. Mungkin juga dengan begitu karyawan akan kebagian bonus lebih besar.

berita hari ini

Dengan menyimak berita hari ini sindonews itu kita selalu menjadi update informasi. Misalnya lagi ada rencana demonstrasi yang akan berlangsung, kita pun jadi tahu lebih dulu sebaiknya melewati jalan yang mana untuk sampai ke kantor. Dengan begitu sejak awal kita bisa mengantisipasinya agar tidak sampai terjebak kemacetan.

Dengan mengetahui apa peristiwa yang sedang hot terjadi kita pun tak akan kudet. Misal saat jam makan siang, lalu teman kita ngajak ngobrolin peristiwa yang sedang hangat-hangatnya itu, kita pun jadi bisa langsung nyambung dan menimpalinya.

Lagi pula dengan membaca berita online itu rasanya lebih praktis. Asalkan gadget kita bisa akses internet, baik menggunakan paket data atau wifi, saat itu juga kita bisa mengetahui berita terbaru yang sedang terjadi.

Berita online sendiri memang memiliki keunggulan pada kecepatan updatenya. Jadi detik ini ada peristiwa apa di belahan bumi lainnya, bisa langsung kita ketahui. Meskipun berita online itu juga tak lepas dari kelemahan. Kadang berita yang ditampilkan belum utuh atau sepenggal-penggal. Sehingga kita pun harus mengikuti kelanjutan beritanya untuk mendapatkan gambaran yang lebih utuh.

Selain itu, banyak berita yang berasal dari website yang tidak jelas. Untuk itu, penting untuk melihat kredibilitas website berita itu agar nantinya apa berita yang kita konsumsi benar-benar benar. Dengan begitu ketika kita mau share berita itu pun tak perlu khawatir lagi “ini berita benar atau nggak ya?”.

Kelebihan dari media online memang pada updatenya yang cepat. Selain itu juga pembaca punya kesempatan untuk mengomentarinya secara langsung. Disana respon pembaca juga menarik untuk disimak. Karena banyak pandangan atau perspektif yang mereka sampaikan. Secara tidak langsung, hal ini juga ikut memperkaya pandangan kita dalam melihat sebuah peristiwa.

Memang sih berita apapun kadang tak terlepas dari kontroversi. Ada yang setuju dan ada juga yang kontra terhadap sebuah isu. Contohnya saja misal pada perhelatan pilgub DKI yang akan berlangsung, banyak orang mendukung calonnya masing-masing. Dari berita online itu kita juga bisa melihat bagaimana aktivitas para calon gubernur termasuk apa saja yang mereka tawarkan untuk mengubah daerah yang ingin dipimpinnya itu menjadi lebih baik.

Independensi sebuah media online kemudian menjadi hal yang tak dapat ditawar. Karena itu kita sebagai pembaca bisa menilai. Kalau misalnya sebuah media online cenderung tendesius atau tidak berimbang, kita bisa meninggalkannya. Netralitas dan independensi sebuah media memang hal penting agar berita yang disampaikan pun tidak bias.

Ngelantur kemana-mana ya? Hehe... Ya, itulah sedikit ulasan mengenai kebiasaan membaca berita online hari ini sebelum berangkat ke kantor.

Adi Hartanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *