Menerapkan Konsep Hygge di Hari Tua

Tittle

Di dunia ini tidak ada seorang pun yang bisa menolak hari tua. Baik dia seorang presiden, raja, bintang film, atau orang terkaya sekalipun. Hari tua atau masa pensiun bagi sebagian orang memang suatu hal yang menakutkan.  Ketakutannya adalah kekhawatirannya tidak bisa mendapatkan sebuah kebahagian. Misalnya, khawatir ditinggalkan anak-anak, tidak memiliki cukup simpanan, jatuh sakit, dan ketakutan lainnya. Padahal menurut survei, ada beberapa aktivitas sederhana yang bisa dilakukan untuk mendapatkan sebuah kebahagiaan. Sebut saja liburan, membantu orang lain, bersantai, makan, dan berkumpul bersama teman.

Survei

Sudah banyak yang mengatakan kalau,”Bahagia itu sederhana”. Jadi mengapa harus takut? Ya, untuk menjalani hidup di hari tua sebaiknya tidak perlu dikhawatirkan berlebihan. Banyak hal yang bisa dilakukan agar hidup bahagia di hari tua. Merawat tanaman, makan bersama, bersantai di taman, atau berkumpul bersama teman adalah kegiatan sederhana yang bisa mendatangkan kebahagiaan. Inilah cara hidup ala Hygge yang biasa masyarakat Denmark lakukan. Tak heran, Denmark selalu masuk dalam urutan 5 negara paling bahagia di dunia.

Apa itu Hygge?

Hygge (dibaca: hoo-gah) adalah sebuah konsep dan cara hidup masyarakat Denmark untuk mencapai suatu kebahagiaan. Sulit menerjemahkan definisi Hygge dalam suatu kalimat. Namun, Hygge hanya bisa digambarkan dalam sebuah perasaan atau suasana hati dalam waktu tertentu. Seringkali Hygge digambarkan sebagai kenyamanan atau kebersamaan yang menciptakan kesenangan dari hal-hal sederhana atau momen keseharian menjadi indah dan bermakna.

Hygge adalah ketika menikmati makanan yang nikmat dan bersendagurau dengan teman atau sahabat. Hygge adalah ketika mendengarkan musik di kamar saat turun hujan, menikmati kopi sambil membaca buku kesukaan atau makan dengan orang kesayangan. Hygge adalah menikmati proses pembuatan dibandingkan mengejar hasil dengan tujuan mendapatkan pujian. Hygge mengajarkan sebuah kesederhanaan dalam mencapai kebahagiaan.

apa itu hygge

Image: express.co.uk

 Menerapkan Hygge di Hari Tua

Sangat menarik mempraktikan konsep Hygge di hari tua. Bagaimana konsep mencapai kebahagaian dilakukan dengan cara sederhana. Menjalani hidup tanpa beban dan minim ekspetasi. Berpikir positif dan menjalin kebersamaaan. Mengubah kebiasaan buruk saat bekerja demi mencapai kualitas hidup yang lebih baik. Betapa senangnya di hari tua mengalami Hygge di segala momen dengan merasa senang dan tenang. Lalu, aktivitas seperti apa yang bisa dikatakan Hygge. Berikut beberapa Hygge yang bisa diterapkan di hari tua:

  • Menghabiskan waktu di luar ruangan

Cobalah habiskan waktu di luar ruangan. Anda bisa memulai pagi dengan berjoging sambil mendengarkan musik. Lalu, duduk di bangku taman sambil melihat pemandangan. Selain itu, Anda bisa mengisinya dengan kegiatan sosial atau mengunjungi tempat pembuatan kerajinan tangan serta ikut dalam proses pembuatannya.Ya, menurut masyarakat Denmark, kembali ke alam adalah salah satu hal yang paling menyehatkan.

  • Makan ala Hygge

Nikmatilah makanan yang enak. Anda bisa menikmati makan siang di tempat makan yang disukai bersama sahabat. Atau menikmati makan malam bersama keluarga di rumah. Makan ala Hygge berarti makan bersama, baik dengan sahabat atau keluarga.

  • Bercocok tanam

Bercocok tanam adalah salah satu kegiatan yang paling menyenangkan dan sering dilakukan oleh para pensuinan. Selain bisa menghilangkan stress, bercocok tanam juga mampu membakar kalori.  Jadi, tak hanya menyenangkan, bercocok tanam membuat lingkungan semakin indah dan nyaman.

  • Bermain dengan cucu

Tidak ada kata bosan jika sudah bermain dengan cucu. Meskipun tingkah polanya kadang merepotkan, namun bermain dengan cucu sungguh sangat menggemaskan. Jadi, nikmatilah Hygge dengan ‘menculik’ cucu Anda dan ajaklah bermain di halaman rumah atau di taman. Sesekali belikan mainan atau jajanan untuk menyenangkan mereka.

  • Mendekorasi rumah

Biasanya para pensuinan akan merasa jenuh bila berada di dalam rumah. Nah, untuk mengurangi rasa jenuh, cobalah cari kesibukkan dengan mendekor rumah. Anda bisa membuat dekorasi kreatif sendiri atau membelinya di toko dekorasi rumah. Punya banyak koleksi foto keluarga? Cetaklah dan pasangkan di bingkai foto yang unik. Pajanglah di berbagai sudut dinding agar hiasan rumah semakin menarik.

apa itu hygge

Program BPJS Ketenagakerjaan

Meskipun sangat mudah untuk menikmati kebahagiaan di hari tua dengan konsep Hygge, tetapi rencana hidup sebaiknya sudah dirancang sebelum hari tua datang. Paling tidak sudah memiliki bayangan apa yang ingin dilakukan kelak sesuai minatnya. Misalnya, ingin memiliki usaha, beribadah haji, atau liburan keluar kota.

Nah, untuk mempersiapkan jaminan di hari tua salah satu caranya yakni mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial). BPJS Ketenagakerjaan adalah transformasi dari PT. Jamsostek (Persero), yang bertugas melindungi seluruh Pekerja di Indonesia baik Pekerja Penerima Upah (PU) maupun Pekerja Bukan Penerima Upah (BPU). BPJS Ketenagakerjaan memiliki 2 program khusus untuk jaminan di hari tua atau di saat kita telah pensiun, di antaranya:

1. Program Jaminan Hari Tua (JHT)

Program Jaminan Sosial (JHT) merupakan program jaminan hari tua dengan memberikan perlindungan yang bersifat dasar bagi tenaga kerja. Tujuannya untuk menjamin adanya keamanan dan kepastian terhadap risiko-risiko sosial ekonomi. Untuk detail ketentuan dan syaratnya, Anda bisa klik di sini.

2. Program Jaminan Pensiun

Program Jaminan Pensiun bertujuaan untuk mempertahankan derajat kehidupan yang layak bagi peserta dan/atau ahli warisnya dengan memberikan penghasilan setelah peserta mamasuki usia pensiun,  mengalami cacat total tetap, atau meninggal dunia. Manfaat pensiun adalah sejumlah uang yang dibayarkan setiap bulan kepada peserta yang memasuki usia pensiun, mengalami cacat total tetap, atau kepada ahli waris bagi peserta yang meninggal dunia. Untuk detail syarat dan ketentuannya, Anda bisa klik di sini.

Program BPJS ketenagakerjaan

Sumber:

  1. http://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/
  2. https://www.amara.com/luxpad/hygge/
  3. http://www.about.com

 

Adi Hartanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *