Mengenal Jenis Salad di Negara Asia

jenis Salad di asia

Tak hanya di kuliner barat, Asia pun memiliki berbagai jenis salad dengan rasa yang seru dan lezat. Seperti apa kelezatannya? Berikut beberapa jenis salad di Negara Asia.

  • Jepang

Horenso No Gomma

Salad ini terbuat horenso atau bayam Jepang rebus yang dicampur saus goma. Saos ini terdiri dari wijen, kecap asin, cuka dan miso. Saos ini biasanya ditemukan sebagai cocolan shabu-shabu. Salad ini disajikan sebagai pedamping bersamaan dengan sup miso, nasi, dan hidangan sayuran lainnya.

Wakame Salad

Salad ini terbuat dari wakame (rumput laut Jepang) yang kaya serat, protein, dan mineral esensial. Salad ini sangat popular ketika datang musim panas di Jepang. Pada Wakame Salad, rasa wakame yang nyaris manis dan beraroma laut, ditambahkan saus dari cuka beras, kecap asin, gula, dan topping wijen.

  • India

Mooli Lechha

Salad khas India Utara ini terdiri dari lobak merah serut, tomat cincang cabai hijau, garan, dan cengkih. Salad ini biasanya dicampur dengan air jeruk nipis dan jahe.

  • China

Bon-bon Chicken Salad

Salad asal negeri tirai bambu ini, kerap menjadi pembuka di resto-rsto Amerka. Isi salad ini terdiri dari daging ayam direbus dan disuwir, mie dalam bentuk lembaran dari kacang hijau, dan mentimun. Sausnya terbuat dari pasta wijen, dan minyak kacang berbumbu bawang putih dan jahe.

  • Thailand

Som Tam

Salad ini terbuat dari serutan daging papaya muda, buncis, dan kacang tanah. Dicampur denan kecap ikan, cabai merah, bawang putih, tumbuk, dan air jeruk nipis. Kini makanan ini sangat popular sebaai jajanan di Thailand.

  • Vietnam

Goi Cuon

Salad ini merupakan campuran dari udang rebus, dan sayuran (sun, wortel, daun, ketumbar) di balik banh trang (kulit lumpia transparan). Goi Cuon dicocol ke dalam saus nuoc cham dari kecap ikan, cabai, dan bawang putih atau saus kacang.

  • Fhilipina

Kinilaw

Salad ini merupakan salah satu salad tertua di dunia kuliner Fhilipina, karena menggunakan teknik kinilaw. Teknik ini mematangkan ikan tuna mentah dengan meremdanya dalam larutan asam (cuka dan jeruk nipis). Sebagai variasinya, salad ini ditambahkan kelapa sangria, mentimun, papaya muda, atau jantung pisang.

  • Indonesia

Salad versi nusantara

Indonesia juga memiliki salad yang tak kalah sedap. Sebut saja asinan, rujak, karedok, dan urap. Salad-salad ini sangat apik dengan sajian berbahan dasar buah dan sayur. Sesuai dengan rasa lokal, saus-saus ini terbuat dari kacang tanah, dicampur kecut air asam jawa atau cuka masak.

Berbagai sumber

Adi Hartanto

2 Comments

    • Iyaa, sangat aman dikonsumsi. Ok mas salam kenal juga. Nanti saya berkunjung ke webnya :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *