Merasakan Kenyamanan Teknologi Pintar Honda di Jakarta

Adakah teknologi agar sepeda motor menjadi lebih irit, bertenaga, dan ramah lingkungan?

Teknologi pintar Honda

Apa yang pertama kamu pikirkan tentang Jakarta? Pastinya kalian akan kompak menjawab, macet, polusi, banjir, serta padat. Sebagai kota megapolitan, Jakarta memang masih menjadi magnet untuk tempat mencari uang dan aktivitas lainnya. Tak heran, jika Jakarta sangat dikenal sebagai kota yang macet, padat, dan berpolusi.

Berdasarkan data Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya (2015), jumlah kendaraan bermotor di Jakarta dan sekitarnya bertambah sebanyak 5.500 hingga 6.000 unit kendaraan per hari. Jumlah tersebut didominasi oleh pertambahan sepeda motor yang mencapai 4.000 hingga 4.500 per hari. Sedangkan kendaraan roda empat mengalami pertumbuhan sebanyak 1.600 unit per hari. Ehmm.. can your imagine?

Saya yang berkantor di Jakarta, tentunya hal ini menjadi sebuah dilema. Dilema di antara pelayanan transportasi umum masih belum optimal dengan mengendarai sepeda motor masih jauh dari nyaman.

Ya, mengendarai sepeda motor di jalanan macet membuat boros bahan bakar, risiko kecelakaan yang tinggi, menambah polusi, serta membuat komponen motor cepat rusak. Lantas, apa solusinya?

Teknologi Pintar Honda (Hondasmarttech)

Akhirnya, PT Astra Honda Motor (AHM) menjawab rasa dilema saya dengan menghadirkan Teknologi Pintar Honda. Apa sih Teknologi Pintar Honda? Teknologi ini dirancang sebagai kombinasi teknologi pintar dan fitur canggih yang memudahkan kamu dalam berkendara. Mulai dari sebelum kamu berkendara hingga tiba ke tempat tujuan dengan rasa nyaman. Selain itu, Teknologi Pintar Honda juga dibuat mengurangi polusi sehingga ramah lingkungan.

Ada 6 Teknologi Pintar Honda yang diaplikasikan di beberapa sepeda motor Honda, di antaranya:

  • eSP (Enhanced Smart Power)

eSP

eSP merupakan teknologi untuk mesin terbaru inovasi Honda yang bekerja sebagai cairan melalui aplikasi teknologi mutakhir dan ACG starter. Tujuannya, untuk menghasilkan performa tinggi dengan efisiensi bahan bakar yang lebih baik serta ramah lingkungan. Teknologi eSP sudah bisa kamu temukan di sepeda motor Honda matic All New Beat, Vario 125, dan All New PCX.

  • PGM-FI (Programmable Fuel Injection)

pgmfi
PGM-FI adalah teknologi pintar Honda yang sudah diaplikasikan pada beberapa motor Honda. Teknologi PGM-FI sangat ramah lingkungan, karena mampu menekan mengurangi emisi gas buang yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor. Teknologi PGM-FI dikendalikan secara elektronik untuk memasok bahan bakar dan oksigen secara tepat sesuai kebutuhan mesin di setiap keadaan, sehingga mampu menghasilkan tenaga yang responsif dan irit bahan bakar juga ramah lingkungan. Nah, teknologi ini tentunya sangat bermanfaat banyak bagi kualitas udara kota Jakarta. Setidaknya bisa mampu mengurangi polusi udara di Jakarta.

  • CBS (Combi Brake System)

cbs
Umumnya teknik berkendara di jalanan macet adalah seringnya melakukan gas – rem. Jika komponen rem tidak berfungsi dengan baik, maka risiko kecelakaan semakin besar. Oleh karenanya, dibutuhkan komponen rem yang baik dan tidak cepat mudah rusak. Nah, Teknologi Pintar Honda menghadirkan teknologi CBS. CBS merupakan teknologi canggih yang membantu menyeimbangkan pengereman roda belakang dan depan secara optimal.  Hal ini tentunya memudahkan pengendara dalam melakukan pengoperasian rem dengan menarik tuas rem kiri, rem depan, dan rem belakang dapat berfungsi dengan tepat.

  • ISS (Idling Stop System)

ISS
Irit bahan bakar menjadi salah satu bahan pertimbangan saya dalam membeli sepeda motor. Pasalnya, jalanan yang macet mengakibatkan bahan bakar menjadi boros. Untungnya, sepeda motor Honda sudah memiliki fitur ISS. Yap, fitur premium kelas dunia ini diciptakan untuk efisiensi bahan bakar dan emisi gas buang yang lebih baik. Teknologi ini bekerja saat sepeda motor berhenti lebih dari 3 detik, dan mesin otomatis menyala kembali saat tuas gas diputar. Teknologi ini membantu mencegah bahan bakar terbuang percuma. Tentunya lebih irit dan ramah lingkungan. Performa mesin dan aki tetap optimal.

  • Answer Back System

teknologi pintar hondaPernah kesulitan mencari motor di parkiran mall? Kalo saya sangat sering, bahkan sampai muter-muter parkiran dengan security hehe. Setiap harinya memang ada ratusan motor yang terparkir di mal-mal Jakarta. Dan, bisa ada puluhan motor yang sama pada saat itu. Tak heran, kita akan kesulitan mencari motor kita yang kadang-kadang sudah berpindah tempat. Nah, dengan hadirnya teknologi Answer Back System, hal tersebut tidak akan terjadi.  Iya, sistem ini pada umumnya hanya terdapat pada mobil. Namun, untuk memudahkan pengendara menemukan keberadaan motor secara otomotis saat di parkiran, Honda menghadirkan Answer Back System. Sistem ini bekerja dengan menggunakan sinyal radio melalui remote. Saat remote ditekan yang sudah terintegrasi dengan kunci, motor akan memberi tanda berupa suara yang dihasilkan buzzer dan kedipan dari lampu sein depan – belakang sehingga pengendara dapat segera mengetahui dimana posisi motornya disimpan.

  • Led Headlight

Teknologi pintar honda
Motor Honda sudah menggunakan lampu LED lho. Teknologi lampu LED ini sangat hemat daya namun menghasilkan sorot lampu lebih terang. Selain itu, menggunakan lampu LED bisa jauh lebih lama, tingkat panas yang dihasilkan lebih rendah, serta tingkat pencahayaannya yang baik sehingga memiliki tingkat efisiensi yang sangat tinggi.

Dengan adanya Teknologi Pintar Honda, sepertiya saya akan mengambil sepeda motor Honda Matic Vario 125.  Saya pun bisa menjadi keluarga Honda seperti isteri saya, yang telah memiliki Honda Revo. Hehe. Semoga isi blog ini bisa membantu teman-teman semua dalam memilih sepeda motor dan bisa merasakan kenyamanan berkendara di Jakarta. Sukses yaah…

 

Teks: Adi Foto: Honda

Adi Hartanto

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *