Muay thai Mampu Menurunkan Berat Badan

Muaythai mampu menurunkan berat badan

Kamu sedang menjalani program cara menurunkan berat badan? Apakah sudah banyak penurunannya? Jika berat badan belum turun secara signifikan, kamu bisa mencoba olahraga bela diri Muay thai (thai boxing).

Iya, Muaythai sangat dipercaya mampu menurunkan berat badan dengan cepat. Hal ini, karena gerakan Muay thai yang dikombinasikan dengan latihan kardiovaskular bisa membantu menurunkan berat badan. Jika kamu berlatih fisik dengan olahraga bela diri Muaythai secara intens, maka kalori yang dibakar bisa mencapai 1000-2000 dibandungkan ndenga aerobik atau fitnes. Namun, ada baiknya sebelum kamu melakukan olahraga bela diri asli Thailand, untuk berkonsultasi ahli nutrisi demi menjaga pola diet.

Berikut 4 tahapan gearakan Muaythai dengan latihan kardio untuk menurunkan berat badan:

1. Latihan Aerobk

Kamu bisa melakukan latihan aerobik selama 10 menit sehari. Kamu bisa melakukan berjalan santau atau lari kecil. Selanjutnya, kamu bisa meningkatkan menjadi 30 menit per hari selama lima kali seminggu. Hal ini bertujuan untuk membentuk dasar kebugaran dan kemampuan aerobik di tubuh Anda.

2. Makanan Bergizi

Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan sehat. Hal ini untuk memastikan tubuh kamu memiliki bahan bakar dan pemulihan yang dibutuhkan sebelum, selama, dan setelah latihan. Selain itu, kamu juga perlu minum air putih yang cukup.

3. Integrasikan Teknik Muay thai

Tahapan selanjutnya adalah meintegrasikan teknik Muay thai ke dalam sesi kardio kamu hingga lima kali per minggu. Hal ini bermanfaat untuk kemampuan melakukan gerakan dasar dan mengkondisikan tubuh kamu lebih baik untuk sesi Muaythai. Pada dasarnya, kondisi tubuh yang baik juga membantu proses pembakaran dan defisit kalori.

Selanjutnya, kamu bisa melakukan gerakan Shadow Boxing untuk membentuk teknik dan dasar yang baik sebelum mengikuti latihan dengan teknik yang lebih sulit. Gerakan ini merupakan bagian penting dalam berlatih Muaythai. Kemudian, kamu bisa menambahkan push-up, body squat, latihan core, berlari di tempat, dan lompat tali di antara gerakan-gerakan Muaythai untuk menambah variasi dan meningkatkan intensitas dari keseluruhan pelatihan.

Jika kamu melakukan gerakan boxing sebagai latihan kardio, maka kalori yang dibakar kurang lebih sebanyak 735-838 kalori per jam saat berlatih dengan lawan. Sementara latihan aerobik secara umum membakar 531-605 kalori per jam. Untuk mengurangi satu kilogram lemak tubuh dibutuhkan defisit sebanyak 3500 kalori.

4.Istirahat

Jika sudah melakukan latihan yang cukup, tahapan yang tidak boleh dilupakan adalah istirahat dan pemulihan. Hal ini menjadi bagian penting dari proses menurunkan berat badan. Kamu bisa tidur dan istiharat yang cukup agar tubuh kembali pulih.

Beberapa Manfaat Muaythai:

Menjaga diri

Pada dasarnya Muaythai merupakan bela diri asli Thaiand. Jadi, tentu saja Muaythai sangat bermanfaat sebagai bela diri yang dibutuhkan dalam keadaan darurat.

Meningkatkan kekuatan

Gerakan Muaythai cenderung dilakukan secara berulang. Mulai dari lengan dan kaki ketika memukul dan menendang membuat mendapatkan kekuatan.

Meningkatkan fleksibilitas otot

Muaythai selain mampu mengencangkan otot, juga diyakini meningkatkan fleksibitas otot. Jika otot semakin fleksibel, maka mampu menimalisir rasa nyeri pada tubuh.

Membuat postur lebih baik

Berlatih fisik Muaythai secara maksimal, maka seluruh anggota tubuh mampu mengurangi lemak dalam tubuh dan membuat tubuh lebih baik.

Semoga dengan kamu berlatih Muaythai, bisa mendapatkan berat badan ideal :)

Teks: Adi/Berbagai sumber

Foto: www.muaythaialchemy.com

Adi Hartanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *