Optimasi SEO Off-page dengan Ratusan Keyword

Tittle

 Optimasi satu keyword saja susah, apalagi sampai ratusan, Huuh….

Bliblicom

Tercebur dalam dunia search engine optimization (SEO) menjadi suatu keberuntungan bagi saya. Anggaplah, suatu saat saya ingin membangun bisnis usaha, pemasaran digital marketing dengan teknik SEO sangatlah penting, karena tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Meskipun membutuhkan proses cukup lama, setidaknya hasil dari teknik SEO dapat diukur. Hal inilah yang membuat saya tertarik bergabung tim seo dalah satu e-commerce.

Mengapa seo penting-

Namun, bergabung dengan e-commerce bukan berarti tidak ada kendala. Banyak sekali tantangan yang harus dihadapi, khususnya dunia SEO. Pertama, e-commerce terus bermunculan dengan berbagai nama dan jenis produk yang dijualnya. Belum lagi ada ratusan toko online lokal yang sudah memasarkan produknya dengan teknik SEO. Otomastis semuanya berlomba-lomba mengoptimasi keyword  produknya agar bertengger di halaman pertama mesin pencarian Google.

Kendala kedua yang saya hadapi di tim SEO adalah harus melakukan optimasi ratusan keyword dari segi offpage-nya. Bayangkan, berapa banyak link building yang saya buat untuk ratusan keyword? Berapa lama waktu yang diperlukan untuk menaikkan keyword agar berada di halaman pertama mesin pencarian Google? Jika saya melakukan link building dengan ratusan keyword, tentu saja keyword-keyword yang saya optimasi ketinggalan jauh dengan pesaing. Apalagi keyword produk-produk di e-commerce sangat dinamis. Setiap hari-nya jenis produk, promo, dan brand terus bertambah. Secara tidak langsung saya dituntut untuk optimasi lebih cepat.

Berbicara optimasi off-page memang tidak terlepas dari backlink. Entah dari mana sumbernya, website utama sangat membutuhkan link-link berkualitas. Sebab, itu akan menjadi  ‘vitamin’ sebuah website sehingga lebih mudah dipercaya di mata Google. Alhasil, pencarian keyword yang kita inginkan lebih mudah naik di mesin pencarian.

Lantas, teknik optimasi off-page apa saja yang saya dan tim lakukan?

Berikut beberapa teknik seo off-page yang  saya dan tim lakukan dan masih dianggap baik di mata Google:

  1. Membangun komunitas
  2. Channel video
  3. Blogger partner
  4. Sosial Media
  5. Sosial bookmark
  6. Long tail anchor teks

 

Optimasi Offpage
Perlu diketahui, tidak semua keyword menggunakan teknik yang sama.  Sebab, setiap keyword memiliki kesulitan yang berbeda-beda. Hal ini ditentukan oleh beberapa faktor, seperti:

1. Banyaknya pesaing

2. Optimasi onpage-nya

3. Keyword pada url

4. Kualitas inbound link

5. Konten

dan berbagai faktor lainnya

Masalah selanjutnya

Dari beberapa teknik optimasi off-page yang dilakukan, muncul-lah masalah baru. Di antaranya adalah membuat ribuan artikel, mencari blogger dalam jumlah banyak, membangun komunitas, dan channel sosial media.

Backlink dari blogger dengan domain authority tinggi adalah salah satu sumber backlink berkualitas. Selain natural, postingan dari blogger tentunya sangat relevan dengan keyword yang kita ingin optimasi. Masalahnya saya tidak memiliki banyak waktu untuk mencari blogger.  Prosesnya pun memakan banyak waktu, mulai dari menentukan keyword, me-review setiap postingan, dan menyelesaikan pembayaran. Tidak hanya mencari blogger, penyediaan artikel dengan ratusan keyword yang ingin dioptimasi juga menjadi kendala dan tim. Pasalnya dalam proses optimasi berjumlah ratusan keyword, pastinya membutuhkan banyak artikel untuk disebarkan kepada blogger.

Selain sulitnya mencari blogger, postingan sosial media agar konten menjadi viral pun sangat sulit jika hanya mengandalkan sosial media sendiri. Hal ini tentunya dibutuhkan banyak akun sosial media yang terpecaya guna membantu menyebarkan konten. Semakin banyak follower, maka peluang mendapatkan backlink semakin besar.

Terakhir adalah membentuk komunitas. Adanya komunitas sangatlah penting dalam mengoptimasi ratusan keyword untuk mendapatkan backlink dengan cepat dan berkualitas. Misalnya, komunitas food blogger, travel blogger, komunitas pecinta fotografi, komunitas pecinta otomotif, dan komunitas lainnya. Namun, membentuk komunitas tentunya sangat sulit dan menghabiskan waktu lama. Belum lagi saya dan tim butuh beberapa komunitas dan perlu melakukan kegiatan offline.

Solusi

Untuk mengatasi beberapa masalah tadi, salah satu solusi yang saya dan tim lakukan adalah menggunakan jasa pihak ketiga atau ahensi. Ahensi spesialis digital marketing tentunya sudah ahli dalam menangani permasalahan tersebut. Merekapun sudah memiliki banyak partner yang siap membantu mengoptimasi keyword-keyword. Misalnya, ketika saya butuh optimasi melalui blogger, ahensi sudah memiliki database blogger dengan beragam tema blog. Bahkan tidak lebih dari 3 minggu, saya sudah bisa mendapatkan hasil postingan yang relevan dengan keyword yang ditentukan.

Dalam urusan penyediaan artikel, saya sudah sangat sering sekali menggunakan jasa penulis artikel. Cara ini memiliki banyak keuntungan. Selain si penulis mengerti artikel SEO, hasil tulisan yang dibuat juga sangat baik dan sesuai permintaan.

Memanfaatkan ahensi juga memberikan kemudahan ketika saya butuh menyebarkan postingan melalui banyak akun sosial media, ahensi begitu dengan cepat memberikan hasil postingan sosial media dengan follower aktif. Tidak hanya bersifat online, ahensi digial marketing juga mampu melakukan campaign secara offline, seperti mengumpukan berbagai komunitas. Saya dan tim pun tidak perlu repot untuk mencari komunitas atau membangun komunitas sebagai salah satu teknik optimasi offpage.

 ABAH Digital Marketing Specialist

Salah satu ahensi digital marketing yang menyediakan jasa SEO adalah ABAH. ABAH Digital Marketing Specialist menyediakan pelayanan untuk building brand awarness, SEO, engagement, dan inbound marketing campaign. Lebih detail lagi Abah.co.id menyediakan jasa blogger dengan  ribuan anggotanya, buzzer sosial media, jasa penulis artikel, dan kegiatan offline campaign.

Bagaimana proses kerjasama dengan ABAH?

  • Meeting
  • Brief
  • Plan
  • Approval
  • Report

Architecture

 

Kenapa Abah.co.id-

Nah, jika kamu memiliki campaign atau bantuan untuk mengembangkan bisnis melalui digital marketing, ABAH bisa menjadi salah satu pilihan tepat. Jangan khawatir, ABAH didukung oleh tim anak muda yang kreatif, berpengalaman dan profesional. Tunggu apa lagi? Saat ini adalah waktunya bermain digital dalam pemasaran, waktunya memperluas pangsa pasar, dan waktunya kerja cepat serta efisien.

Adi Hartanto

4 Comments

  1. Kalau saya paling lewat socmed seperti facebook dengan fanspagenya, kemudian lewat artikel di blog juga saya bisa karena itu paling mudah

  2. Kalau saya promosinya paling mudah pakai fanspage facebook. Saya pasang banner besar besar berukuran 13×5 cm di background halamanya. Jadi begitu ada orang yang melihatnya, maka yang pertama kali di lihat adalah banner yang berisi nomor kontak saya seperti WA dan BBM, dan ampuh juga karena dagangan saya laris berkat fanspage ini.

  3. Iya. Lumayan efektif cara ini. Apalagi banner-nya dibuat semenarik mungkin, sehingga banyak audience yang tertarik untuk contact. Thanks sharing-nya :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *