Pantaskah Harga iPhone 6 di Pasaran Gadget Indonesia?

harga iphone 6

Bagi Anda yang masih awam dengan salah satu produk canggih besutan Apple Inc. untuk seri smartphone yang digadang-gadang merupakan primadona di dunia, tentunya hanya akan menghela napas jika mengetahui berbagai spesifikasinya yang mungkin terlihat “biasa” saja untuk ukuran high-end level smartphone jika dibandingkan dengan smartphone pembandingnya. Ya, iPhone 6 mampu menjadi salah satu smartphone hits paling dibicarakan orang selama tahun 2016, meskipun sejak kemunculannya, tidak banyak mengubah pandangan dan sanjungan pencinta setia gadget Apple. Harga iPhone 6 yang ditawarkan pada awal peluncurannya menembus angka belasan juta, dengan beragam kontroversi dan penilaian yang membuat nama iPhone 6 semakin tenar.

Apple memang memahami kebutuhan konsumen gadget abad 21 yang menginginkan produk canggih berkelas, meskipun harus merogoh kocek yang cukup dalam. Setelah iPhone 5S, Apple menjanjikan seri smartphone penerus yang lebih powerful dan canggih pada pertengahan tahun 2015, tetapi tidak untuk harganya yang dinilai “kurang pantas”. Bila ditilik dari masa produksinya yang beriringan dengan seri flagship S yang jauh lebih mahal, sebuah pertanyaan pun muncul, mengapa iPhone perlu mengeluarkan seri S dengan penawaran harga yang lebih mahal? Pantaskah membeli smartphone yang katanya terbaik pada masanya, namun masih harus ada produk “penyempurnaan” sebagai pembandingnya? Apple mulai menerapkan kebijakan produksi seri S pada iPhone 4 dengan kisaran perbedaan harga mencapai angka ratusan rupiah jika dikonversikan.

harga iphone 6

Spesifikasi iPhone 6 yang “Wah” Tetapi “Biasa”

Apple kini sedang mempersiapkan seri flagship terbarunya, yaitu iPhone 7. Para pencinta produk Apple pun berharap harga yang dibanderol untuk iPhone 7 tidak akan semengecewakan iPhone seri sebelumnya dengan harga iPhone 6 mahal, apalagi jika melihat pada spesifikasinya yang memang “biasa” saja. Spesifikasi iPhone 6 yang ditonjolkan cukup tinggi dengan harga iPhone 6 yang kurang sebanding, membuat sebagian orang justru mempertahankan menggunakan ponselnya kini, atau iPhone 5S jika memang mereka memilikinya.

iPhone 6 hadir dengan layar yang sedikit lebih besar dari seri smartphone “khas” iPhone sebelumnya, didesain lebih tipis, penampilannya memang terlihat lebih elegan dan stylish. Dibekali dengan prosesor quad core yang memiliki kecepatan hingga 2,5 Ghz yang mampu menunjang multitasking dan didukung dengan iOS 8 yang upgradable iOS  9 yang pastinya dapat mendukung kinerja dan performa iPhone 6 secara optimal. Pelindung layar Sapphire Chrystal Glass merupakan pelindung layar yang dapat melindungi layar dari goresan dan benturan serta anti air sehingga keamanan layar iPhone 6 ini lebih terjamin. Yang menarik, meski secara desain sudah sekilas mirip dengan smartphone Android pada umumnya, jelas kecantikan iPhone tidak akan tergantikan. Meski begitu, harga iPhone 6 ini tidak cukup terbayar dengan pembekalan kamera yang beresolusi 8 megapiksel, dilengkapi dengan auto focus dan juga LED Flash yang fungsinya semakin memperjelas dan menambah kualitas gambar. LED Flash dapat membantu menambah kecerahan gambar di tempat yang kurang cahaya atau sedikit gelap.

harga iphone 6

Produk Apple satu ini memberi variasi yang cukup untuk spesifikasi iPhone 6 lainnya, seperti ragam pilihan device memory yang cukup besar dengan berbagai pilihan mulai dari 16 GB, 32 GB, 64 GB, dan 128 GB yang pastinya mampu menyimpan banyak data serta didukung juga dengan kapasitas RAM yang cukup besar yaitu 2 GB. Selain itu, iPhone 6 ini dilengkapi dengan berbagai fitur “biasa” yang memang seharusnya ada pada smartphone high end level seperti fitur GPS, Bluetooth, NFC, TV-Out, USB, serta fitur dual SIM yang banyak dipakai smartphone Android dengan tujuan lebih memudahkan pengguna karena dapat memakai dual SIM card secara bersamaan. Dengan dukungan dari jaringan 4G LTE, koneksi dan akses internet iPhone 6 semakin mulus untuk kinerja mobile atau aplikasi lainnya.

  harga iphone 6

Namun jangan salah, harga iPhone 6 yang ramai dibicarakan orang karena harganya yang dinilai terlalu mahal ini memang ada dasar buktinya. Beberapa kelemahan dari iPhone 6 ini misalnya dari segi kamera, iPhone 6 memiliki kelemahan karena masih menggunakan kamera depan beresolusi 1,2 megapiksel, meski sudah didukung berbagai fitur, namun resolusi kamera tersebut tidak sepadan dengan harga iPhone 6 yang terbilang mahal. Pada segi dapur pacu, spesifikasi iPhone 6 juga masih memiliki kekurangan karena masih didukung oleh prosesor bertenaga dual-core 1.4 GHz cyclone (ARM v8-based), seharusnya dengan harga iPhone 6 sangat mahal tersebut sudah mendukung prosesor octa-core. Itulah yang menjadikan pada beberapa sisi dan spesifikasi, ponsel Android menjadi lebih powerful dibanding iPhone, hanya saja memang tidak menang dari segi merek produk jual iPhone 6 dari Apple Inc.

Kelemahan Iphone 6

Kelemahan lainnya yang menjadikan harga iPhone 6 terlalu mahal untuk dijual di pasaran gadget Indonesia, misalnya dilihat dari pembekalan RAM yang masih sangat kecil untuk ukuran smartphone high end level yaitu sebesar 1 gigabyte. Untuk kegiatan multitasking, apalagi jika digunakan untuk berbisnis dan pekerjaan kantor bersifat mobile, tentunya berbekal RAM yang kecil tentu saja kurang mendukung. Spesifikasi iPhone 6 lainnya yang kurang mendukung, bahkan tak pantas jika disebut sebagai produk jual iPhone 6 murah yaitu masih menggunakan baterai bersifat non-removable, di mana baterai tersebut susah untuk dilepas dari ponsel. Jika nantinya ada kerusakan, smartphone harus dibawa ke tempat service khusus yang memaksa penggunanya untuk secara eksklusif datang ke iBox dan menggunakan baterai yang disediakan dari Apple Inc.

harga iphone 6

Beli iPhone 6 Atau Tidak?

Dengan segala keunggulan yang tidak dimiliki oleh seri sebelumnya, serta segala kekurangan yang menyertainya, banyak muncul pertanyaan, apakah harga iPhone 6 yang ditawarkan di pasaran memang pantas dan sesuai untuk dijual di pasaran gadget Indonesia? Nyatanya, memang iPhone 6 hanya menang merek tanpa spesifikasi khas yang mampu menang dari smartphone Android pesaingnya. Harga iPhone 6 yang tidak sebanding dengan spesifikasi bawaannya dan tidak cukup pantas dihargai dengan pembanding harga sepeda motor Jepang yang dijual di Indonesia. iPhone 6 masih memiliki banyak kelemahan dari segi kualitas, masih banyak produk jual smartphone high end level yang sudah menyainginya seperti Samsung S6 dan HTC One M9+. Apakah Anda patut beli iPhone 6? Jawabannya tentu tidak. Penyempurnaan iPhone 6 memang selamanya akan ditawarkan sebagai bagian khas dari spesifikasi seri S, iPhone 6S, dengan harga jual yang cukup jauh berbeda dengan harga iPhone 6. Namun, semua pilihan, ada di tangan Anda. Ingat saja tagline yang cukup kontroversial dari Apple, “if it’s not iPhone, it’s not iPhone”. Selamat memilih smartphone terbaik 2015 versi Anda!

Berbagai sumber

Adi Hartanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *