Penyebab Berat Badan Bayi Tidak Ideal

berat badan bayi

Setiap bayi yang lahir mempunyai perbedaan dan cirinya masing-masing termasuk berat badannya.  Jika dirata-ratakan bayi yang baru lahir biasanya mempunyai berat badan 2,5-4,5 kilogram. Banyak faktor yang bisa mempengaruhi berat badan bayi diantaranya adalah kesehatan ibu, keturunan dan juga asupan nutrisi yang didapatkan bayi ketika masih berada di dalam kandungan ibunya. Setiap orang pasti menginginkan bayinya mempunyai berat badan ideal bayi sesuai dengan tahapan usianya. Oleh karena itu jika ibu menginginkan bayinya mempunyai berat badan ideal pada saat lahir harus menjaga kesehatannya ketika tengah mengandung serta asupan nutirisi dan gizinya harus terpenuhi jangan sampai kekurangan. Namun kita bayi anda memiliki berat badan yang rendah ketika lahir anda tidak perlu khawatir karena masih bisa diupayakan agar berat badannya mengalami kenaikan. Yang terpenting berat badan setelah lahir terus mengalami peningkatan sampai mempunyai berat badan ideal bayi. Untuk bisa mengetahui berat badan sesuai dengan tahapan usianya, anda bisa melihat grafik yang usdah tersedia  di dokter, bidan maupun posyandu. Kartu Menuju Sehat (KMS) menyediakan grafik tentang pertumbuhan bayi yang normal dan bisa dijadikan rujukan sebagai perkembangan bayi 4 bulan oleh setiap orang tua.

Selain memperhatikan berat badan bayi, setiap orang tua juga harus memperhatikan  tinggi bayi dan juga lingkar kepala. Pengukuran lingkar kepala berfungsi untuk mengetahui ukuran otak serta tengkorak bayi, sehingga bisa diidentifikasi pertumbuhannya normal atau tidak. Apabila pertumbuhannya tidak normal tentu akan dicari penyebabnya. Oleh karena itulah setiap orang tua jangan langsung memvonis bahwa anaknya kurus atau bermasalah dengan berat badanya hanya dengan memperhatikan penampilan bayi, karena untuk mengetahui itu semua ada tahapan atau pengukuran yang harus dilakukan. Dibawah ini ada beberapa penyebab mengapa berat badan bayi tidak ideal :

  1. Tidak terpenuhinya asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi. Agar bayi mendapatkan nutrisi yang cukup dan seimbang dibutuhkan peran dari ibu, karena ASI yang baik akan sangat tergantung dari asupan makanan yang dikonsumsi oleh ibu.
  2. Ketika usia bayi menginjak 6 bulan aktivitas bayi mengalami peningkatasn karena motoriknya berkembang. Pada usia ini biasanya bayi akan mengalami penurunan berat badan karena intensitas geraknya meningkat.

Dapatkan juga tips kesehatan wanita dan bayi untuk kesehatan anda setiap hari di situs kesehatan terpercaya.

Adi Hartanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *