Resep Mie Celor Khas Palembang Yang Bikin Nagih

mie celor, palembang

Mie celor khas Palembang

Siapa tidak suka makanan hasil olahan mie? Hampir semua orang menyukainya. Termasuk Mie celor. Mie celor merupakan makanan khas Palembang yang memadukan bahan dasar berupa mei telur dengan bahas lain seperti tauge dan telur rebus. Mie celur ini mempunyai cita rasa yang kuat dan lezat karena juga di campur dengan udang juga santan kentalnya. Jadi siapa sih yang gak mau menyantap menu masakan satu ini.

Aroma mie celor ini sangat kental di padukan dengan wangi udang serta bawang goreng. Di jamin, bakalan jadi hidangan paling lezat sekaligus bergizi yang bikin kita nagih. Tentu saja berbeda dengan mie instan. Selain itu menu ini juga sangat cocok di jadikan menu sarapan pagi yang menyenangkan. Apalagi kalau dipadukan dengan kuah santan yang terbuat dari Sasa Santan Kelapa, makin nikmat dah pokoknya.

Soalnya, Sasa Santan Kelapa itu adalah santan instan yang berkualitas tinggi. dibuatnya saja dengan teknologi modern dan dikemas dengan kemasan hebat sehingga tidak basi walau disimpan dalam waktu yang cukup lama. Maklum, santanya sudah matang dan siap pakai.

Sasa, Santan, Kelapa, Kreasi, Masakan, Resep

Sasa Santan Kelapa, salah satu bahan membuat mi celor

Bahan dan Cara Buat Mie Celor

Aroma dan rasa Sasa Santan Kelapa juga se-segar kelapa yang langsung diperas, so tidak salah dong kalau sangat cocok untuk semua masakan, baik makanan dan minuman. Sehat juga lho, soalnya tanpa bahan pengawet sama sekali. Nah buat kalian yang penasaran banget ingin mencoba masakan ini tapi bingung gimana resepnya, jangan kahwatir guys. karena pada kesempatan kali ini saya bakan ngasih tau secara gratis resep mie celor khas Palembang yang bikin nagih.

Nah untuk bahan yang perlu kita siapkan yaitu

  1. 20 ekor udang ukuran sedang
  2. 1 sendok makan ebi kering yang telah di rendam dengan air hangat
  3. 6 siung bawang merah
  4. 4 sendok makan tepung terigu yang telah di larutkan dengan air secukupnya
  5. 3 siung bawang putih
  6. 2 sendok teh kecap asin
  7. 2 sendok teh garam
  8. 2 sendok teh gula pasir
  9. ¼ sendok teh lada bubuk
  10. 1 bungkus Sasa Santan Kelapa

Kemudian untuk pelengkap mie celor sendiri yang perlu kita lakukan adalah:

  1. Mie celur dan tauge di seduh dengan air mendidih
  2. Daun bawang dan seledri di iris kecil-kecil
  3. Telur yang telah di rebus
  4. Cabe rawit di ulek lembut

Setelah semua bahan dan juga pelengkapnya selesai di persiapkan, sekarang waktunya kita memasak mie celur khas Palembang yang bikin nagih. Chek this out

  1. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah, haluskan bawang merah,, bawang putih, dan juga ebi. Kemdian tumis hingga tercium aroma harum
  2. Kemudian masukkan udang dan tumis hingga berubah warna menjadi kemerahan
  3. Setelah itu masukkan kaldu udang dan juga Sasa Santan Kelapa. Aduk rata dan tunggu hingga mendidih.
  4. Tambahkan bumbu dan larutan tepung terigu tadi. Aduk hingga mengental dan matikan api.
  5. Nah untuk cara penyajiannya, susun mie telur, tauge, dan telur rebus ke dalam mangkuk. Setelah itu siram dengan kuahnya tadi. Terakhir taburi dengan daun bawang dan seledri. Mie celur khas Palembang siap di hidangkan.

Gimana, mau mencoba resep Mie Celor khas Palembang di rumah?  Sangat mudah, kok. Apalagi kini sudah semakin praktis, karena ada Sasa Santan, Asinya Santan yang membuat masakan menjadi lebih enak. Mungkin itu yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan see you.

Adi Hartanto

Hygge life | Commuterline | kotaksurat1281@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *