Tidur Berkualitas Bantu Menurunkan Berat Badan

Tidur mampu menurunkan berat badan

foto: www.huffingtonpost.com

Salah cara untuk merileksasikan pikiran dan tubuh adalah tidur.

As a journalist, saya sering sekali melupakan aktivitas wajib satu ini. Akibatnya sudah bisa ditebak, badan menjadi kurang fit dan kantung mata yang terus menghantui. Apalagi semasa kuliah, saya sering mengalami sindrom insomnia alias susah tidur. Hal ini memang menunjang untuk pekerjaan saya ketika deadline, namun sayangnya insomania tidak baik untuk kesehatan.

Pada dasarnya tidur memiliki banyak manfaat. Dengan catatan tidurnya harus berkualitas dan tidak hanya sekedar memejamkan mata atau sering kita kenal dengan istilah tidur ayam. Nah, setelah menelusuri Mbah Google soal tidur, ternyata tidur yang berkualitas memiliki manfaat mempengaruhi diet seseorang. Kok bisa? Berikut saya informasikan beberapa manfaat tidur sebagai pemicu turunnya berat badan.

  • Makan jadi lebih sedikit

Tidur itu mempengaruhi hormon leptin dan ghrelin. Kedua hormon ini berperan atas rasa lapar, kenyang dan merangsang nafsu makan. Jadi, bila Anda kurang tidur,  akan mempengaruhi meningkatnya kadar ghrelin yang menyebabkan makan menjadi berlebihan.

  •   Mengurangi lemak

Salah satu akibat kurang tidur adalah mudah stres dan cemas. Alhasil, nafsu makan semakin meningkat dan menimbulkan lemak-lemak di perut.

  • Menekan kegemukan

Hal ini berhubungan dengan poin diatas. Jika lemaknya sudah berkumpul, tentunya badan kita semakin gendut. Oiyah, durasi tidur yang baik itu sekitar 7 atau 8 jam setiap harinya.

  • Menyimpan energi

Dengan tidur cukup dan berkualitas, otomatis saat bangun di pagi hari, badan kita akan terasa segar kembali.

Bagaimana cara tidur berkualitas?

Tidur berkualitas itu sangat penting. Tidur berkualitas itu berarti Anda bisa tidur pulas, nyenyak, tenang dan tidak gelisah. Lantas, bagaimana cara tidur berkualitas? Usahakan sebelum tidur, untuk menghindari memikir yang macam-macam. Baik itu masalah pekerjaan, masalah keluarga, masalah pasangan, atau masalah lainnya. Try to relax your self and turn off all the gadgets. This is the perfect time to comfort your self.

Teks:  A. Ditasani

Adi Hartanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *