Tips Aman Berkendara Untuk Sahabat Muda – Sirion Sahabat Muda

Sirion Sahabat MudaAkhir-akhir ini sering kali terjadi kecelakaan mobil yang menyebabkan banyaknya korban jiwa. Ada berbagai macam penyebab terjadinya kecelakaan.  Di antaranya, tidak patuhnya pada rambu lalu lintas, kebut-kebutan, menyetir keadaan mabuk atau  pengaruh narkoba, serta penyebab kecelakaan lainnya. Ironisnya, tidak sedikit pengendara yang mobilnya mengalami kecelakaan masih berusia muda. Oleh karena itu, di bawah ini beberapa tips aman berkendara untuk sahabat muda guna memperkecil risiko terjadinya kecelakaan di jalan raya.

Tips aman berkendara di jalan raya bagi sahabat muda:

  • Punya Sim

Kamu berusia 17 tahun? Sudah punya SIM belum? Nah, menurut hukum Undang-undang Indonesia, salah satu syarat utama untuk mengendarai kendaraan yakni harus memiliki SIM. Jadi, jika kamu ingin mengendarai mobil sebaiknya terlebih dahulu membuat SIM di Samsat. Jangan pernah merasa jago nyetir di jalan raya kalau kamu belum merasakan uji prakter SIM menyetir mobil.

  •  Patuhi rambu lalu lintas

Pada dasarnya kecelakaan lalu lintas terjadi karena pengendara mengabaikan rambu-rambu lalu lintas . Jadi, salah satu hal mudah dalam mengurangi risiko kecelakaan adalah mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

  •  Sabuk pengaman

Jangan sekali-kali kamu tidak menggunakan sabuk pengaman (seat belt). Sudah sangat banyak pengendara yang selamat dari maut, karena menggunakan sabuk pengaman.

  • Jangan ngebut

Berkendaralah sesuai kecepatan batas maksimal. Jangan terlena oleh jalanan yang lengang. Berkendara dengan kecepatan tinggi merupakan salah satu faktor  paling utama penyebab kecelakaan lalu lintas.

  • Jauhkan handphone

Hindari menggunakan telepon saat menyetir mobil. Jika, sangat dirasa penting, kamu bisa menggunakan headset dalam menerima telepon. Namun, ada baiknya agar kamu fokus berkendara serta demi keselamatan hindarilah menggunakan telepon.

  • Jangan menyetir ketika mengantuk

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Virginia Tech, melaporkan 20 persen dari semua faktor penyebab kecelakaan adalah pengendara mengantuk [sumber: TheDenverChannel]. Jika mulai mengantuk saat menyetir, sebaiknya kamu berhenti di rest area atau kedai kopi terdekat.

  •  Hindari alkohol dan narkoba

Sudah sangat banyak bukti kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan oleh alkohol dan narkoba. Jadi, apakah kamu mau mencobanya?

  • Periksa kondisi mobil

Periksakanlah kendaraan kamu secara berkala ke bengkel langganan. Selain itu, untuk memastikan kendaraan kamu aman dipakai, periksalah tekanan ban, pastikan roda-roda kencang, pelumas rem bekerja maksimal, dan cukup air radiator.

  • Periksa fungsi ‘penggerak’ mobil

Rem merupakan salah satu alat yang bisa menyelamatkan kita dari bahaya kecelakaan. Jika mobil kamu sudah dalam keadaan hidup, jangan lupa untuk memeriksa fungsi rem. Kamu bisa jalankan mobil dan injak pedal rem berulang-ulang untuk memastikan rem bekerja maksimal.

  • Kendaraan yang nyaman

Bagi kamu yang berjiwa muda tentunya ingin memiliki mobil yang keren. Namun, selain keren ada baiknya kamu memperhatikan sisi kenyamanannya. Pilihlah mobil yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan kamu sehari-hari. Hal ini secara tidak langsung dapat mempengaruhi faktor keamanan dalam berkendara.

Sirion Sahabat Muda

Kamu tahu mobil Daihatsu Sirion? Yup, Daihatsu Sirion merupakan mobil yang menghadirkan desain sporty, elegan dan modern. Mulai dari varian Sirion M, Sirion D, hingga Sirion Femme yang sangat cocok untuk wanita. Tak heran, Sirion sangat disukai oleh yang orang-orang yang berjiwa muda. Selain itu, Sirion selalu dibekali dengan desain yang canggih dan keren, baik dari sisi eksterior maupun interior.

Sirion Sahabat Muda

All New Sirion

Nah, kini Daihatsu Sirion kembali meluncurkan varian terbarunya. All New Sirion hadir dengan beragam fitur yang dinamis dan sporty. Misalnya, fitur Bluetooth Head Unit, Parking Sensor, pelek 16 inci, dan Projector Headlamp & Rear Combination Lamp.

Bagaimana dengan harganya? Harga All New Sirion terbilang masih cukup terjangkau. Mobil yang hadir dalam berbagai pilihan warna tersebut, dibandrol dengan harga kisaran Rp 150 jutaan.

Apakah Daihatsu Sirion irit? Jangan khawatir, Daihatsu Sirion cukup irit bahan bakar sehingga sangat cocok bagi sahabat muda yang masih kuliah. Jadi, tidak ada alasan kalau kamu tidak memilih Daihatsu Sirion sebagai pilihan mobil yang nyaman.  Mau bukti? Buruan rasakan sensasi kenyamanan Daihatsu Sirion di Slalom Arena.

Adi Hartanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *