Tips Belanja Online Aman dengan Kartu Kredit

belanja online

Kemudahan dalam belanja Online, kini kian bisa dinikmati dengan metode pembayaran menggunakan kartu kredit. Sebagai salah satu media pembayaran yang mudah, tentu Anda sebagai pengguna harus mengetahui cara belanja online aman dengan kartu kredit. Ini tak lain adalah untuk melindungi kartu kredit Anda.

Pemakaian kartu kredit sendiri sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern saat ini. Kepraktisan dan kenyamanan menjadikan kartu kredit adalah opsi utama untuk melakukan pembayaran, selain karena proses verifikasi yang cepat, Anda tak perlu lagi memasukkan data lainnya. Selain dianggap sangat praktis, menggunakan kartu kredit untuk metode pembayaran belanja Online di anggap lebih cepat, mudah, praktis, dan juga nyaman dibandingkan dengan model pembayaran konvensional. Jika Anda sering menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayaran belanja Anda, maka Anda harus berhati-hati terhadap seiring meningkatnya kejahatan di dunia Online. Untuk tetap mengamankan transaksi Anda dengan menggunakan kartu kredit, maka berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk belanja online aman dengan kartu kredit:

  • Toko Online Tepercaya

Sebelum Anda memutuskan untuk membelanjakan Aung Anda, pastikan bahwa toko Online yang akan Anda pilih untuk belanja online aman dengan kartu kredit benar-benar tepercaya. Anda bisa melihat reputasi dari toko Online ini dari testimoni para pelanggannya dan pastikan mereka memiliki sertifikasi keamanan untuk pembayaran secara Online.

  • Cek situs

Melihat reputasi dari toko tersebut tidaklah cukup, Anda harus memeriksa tautan atau URL. Ciri-ciri di mana halaman pembayaran aman ini adalah ketika Anda melihat awal tautan membawa nama https, di mana jika tautan membawa kalimat https, maka di dalam bar tersebut akan muncul simbol gembok yang menyatakan bahwa Anda bisa belanja online aman dengan kartu kredit di toko tersebut.

belanja online

  • Lindungi Data Privasi

Jangan pernah Anda memberikan detail data privasi Anda kepada siapa pun. Biasanya, para situs jahat meminta Anda untuk mengisi lengkap data privasi Anda. Jika ini terjadi, maka jangan Anda berikan. Karena bank sendiri selaku penerbit kartu kredit tidak pernah meminta data privasi kepada Anda, seperti nomor pin misalnya.

  • Gunakan Browser dengan Keamanan yang Tinggi

Ada beberapa browser yang menyediakan keamanan dalam hal pada saat Anda melakukan pembayaran. Biasanya browser membutuhkan kata sandi dari Anda ketika Anda ingin melakukan pembayaran. Dengan adanya browser ini, maka Anda akan didukung untuk melakukan belanja online aman dengan kartu kredit.

  • Simpan Bukti

Setelah Anda melakukan pembayaran, harus diingat bahwa Anda juga harus menyimpan semua bukti dan rincian pembayaran sebelum melakukan pembayaran akhir. Ini bisa menjadi penyelamat Anda ketika Anda mengalami kendala dalam hal melakukan pembayaran.

Kelima cara di atas merupakan cara yang paling mudah yang bisa Anda praktekkan untuk belanja online aman dengan kartu kredit di mana pun Anda berada.

Adi Hartanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *