Tips Dalam Memilih Mainan Anak

jual mainan anak

Saat ini mainan anak sudah menjadi satu industri yang berkembang sangat pesat. Toko mainan anak pun jumlahnya sangat banyak dan menawarkan berbagai jenis mainan. Tidak hanya di pinggir jalan, di internet pun jumlah toko yang jual mainan anak sangat banyak. Seringkali, orang tua tidak menyadari bahwa tidak semua mainan layak untuk diberikan kepada si kecil. Orang tua dituntut agar bijak dalam memilihkan mainan agar tumbuh kembang si kecil tidak terganggu. Berikut akan kami berikan sedikit tips mengenai bagaimana memilih mainan anak menurut para ahli.

  • Beli mainan sesuai dengan usianya. Orang tua hendaknya jeli dalam memilih, baca terlebih dahulu label yang ada pada kemasan sebelum memutuskan untuk membeli mainan anak.
  • Pilih mainan yang ukurannya cukup besar. mainan yang dipilih untuk anak di bawah usia 3 tahun hendaknya berukuran lebih besar daripada mulutnya. Hal ini untuk menghindari resiko tersedak atau tertelan karena biasanya anak senang memasukkan apapun ke dalam mulutnya.
  • Jangan membeli mainan yang memiliki tepian tajan dan bobotnya berat. Mainan bertepi tajam dan berat bisa dengan mudah melukai, karena si kecil belum memahami resikonya.
  • Jauhkan mainan dari jangkauan balita atau bayi, terutama mainan anak yang memiliki tekstur keras dan dapat membahayakan.
  • Beli mainan anak perempuan maupun laki – laki yang dapat dicuci agar bakteri maupun kuman yang menempel bisa dibersihkan dengan mudah. Terlebih jika mainan tersebut merupakan mainan untuk balita dan bayi yang cenderung senang memasukkan segala sesuatu ke dalam mulut.
  • Jika membeli mainan di toko mainan anak online, maka pastikan mainan tersebut tidak bertali, pita atau benang yang panjangnya lebih dari 30 cm. Tali maupun benang yang panjang akan dapat membahayakan karena bisa melilit leher.
  • Jangan membeli mainan anak berupa senjata yang dapat menembak secara otomatis. Senjata yang dapat ditembakkan akan dapat melukai mata atau membuat memar.
  • Orang tua hendaknya berhati – hati dalam memilih mainan, pastikan mainan tersebut tidak mengandung bahan berbahaya. Pilih mainan yang tidak mengandung bahan kimia dan tidak berbau menyengat.
  • Ada baiknya membeli mainan anak edukatif yang sesuai dengan usia si anak. Ada banyak sekali produk mainan edukatif di pasaran, seperti puzze, balok dan lain sebagainya. Mainan – mainan semacam itu harganya cenderung lebih murah dibandingkan dengan mainan yang lain, namun justru akan lebih bermanfaat karena akan dapat melatih motorik dan syaraf anak.

Teliti dan cermat dalam membeli mainan akan membantu orang tua dalam menjaga tumbuh kembang buah hati. Tidak ada salahnya anak diberikan mainan anak tradisional karena menurut penelitian, mainan semacam itu justru lebih mendidik dan dapat membantu mengembangkan kecerdasan anak.

Adi Hartanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *