Tips Menghapus Bekas Lecet pada Sepatu Vans

sepatu vans 8

Sepatu vans merupakan salah satu model sepatu masa kini yang banyak penggemarnya. Tak mengherankan, sebab jenis sepatu ini dapat dikenakan dalam segala kesempatan. Modelnya yang selalu update dan pilihan warna yang elegan, membuat sepatu ini nyaman untuk digunakan. Namun, pada saat digunakan, sepatu rentan terkena lecet. Jika hal ini terjadi pada sepatu vans kesayangan Anda, jangan langsung dibuang dan membeli yang bari. Anda bisa menghapus lecet tersebut dengan cukup mudah. Anda bisa menggunakan beberapa cara berikut ini.

  • Menggunakan Penghapus Ajaib

Di dalam penghapus ajaib, terkandung bahan kimia pembersih yang cocok digunakan untuk menghilangkan noda dan lecet pada sepatu. Caranya, cukup dengan menggosokkan penghapus ajaib tersebut pada bagian sepatu yang lecet hingga tampak halus kembali. Atau, Anda bisa menggunakan petunjuk dari pabrik sepatu yang biasanya disediakan dalam kardus sepatu.

  • Menggunakan Alkohol

Alkohol juga bisa Anda gunakan untuk menghinlangkan bekas lecet atau noda pada sepatu. Caranya, celupkan kapas dalam alkohil, kemudian oleskan pada bagian sepatu yang lecet atau terkena noda. Lakukan berulang-ulang hingga noda dan lecet benar-benar menghilang. Jika noda yang ada pada sepatu berupa cat, larutan yang Anda gunakan adalah tiner cat. Namun, jangan banyak-banyak, cukup satu tetes tiner saja. Sedangkan, jika sepatu terkena noda tinta, Anda cukup menggunakan penghapus cat kuku.

  • Menggunakan Campuran Soda Kue dan Hidrogen Peroksida

Campuran kedua bahan tersebut terbukti efektif membersihkan noda dan bekas lecet pada sepatu vans. Jika tidak tersedia hidrogen peroksida, Anda bisa menggunakan bahan lain pembuat pasta. Caranya cukup mudah:

  1. Larutkan 1 sendok soda kue dan setengah sendok hidrogen peroksida atau pasta ke dalam setengah sendok air hangat. Kemudian aduk rata hingga membentuk pasta.
  2. Celupkan sikat gigi ke dalam pasta yang terbentuk, kemudian gosokkan pada noda di sepatu.
  3. Diamkan sekitar setengah jam hingga pasta mengering.
  4. Bilas sepatu dengan menggunakan air bersih secara menyeluruh.
  5. Jika noda masih membandel, lakukan secara berulang langkah di atas hingga sepatu benar-benar bersih.
  • Menggunakan Air Lemon

Air perasan lemon ternyata juga efektif digunakan untuk menghilangkan noda dan lecet pada sepatu vans. Caranya, peras satu buah jeruk lemon, kemudian tambahkan sedikit air dan aduk rata. Celupkan spon dalam larutan, kemudian gunakan untuk menggosok bagian sepatu yang bernoda atau terkena lecet. Setelah noda menghilang, bersihkan sepatu dengan menggunakan air hingga bersih.

  • Menggunakan Pemutih Pakaian

Terkadang, sepatu terkena noda yang cukup membandel hingga merusak keindahan warna sepatu. Dalam kasus ini, Anda bisa menggunakan pemutih pakaian. Namun, karena pemutih ini merupakan bahan pembersih cukup berbahaya, Anda harus hati-hati saat menggunakannya. Jangan sampai Anda menghirup gas yang keluar atau terkena di kulit. Selain itu, gunakan kain yang tidak digunakan lagi karena kain tersebut akan berubah warna menjadi putih. Adapun caranya, campurkan satu sendok takaran pemutih ke dalam lima sendok takaran air. Celupkan sikat gigi ke dalam larutan, kemudian gosokkan pada noda di sepatu. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Jika noda masih tampak, lakukan kembali langkah di atas hingga noda menghilang.

  • Menggunakan Pasta Gigi

Pasta gigi juga bisa Anda gunakan untuk menutupi noda sementara pada sepatu jika Anda tidak sempat untuk membersihkan sepatu dengan cara-cara di atas. Adapun caranya, oleskan pasta gigi putih pada bagian sepatu yang bernoda. Lakukan berulang-ulang hingga noda tidak terlihat. Setelah Anda mempunyai waktu cukup, segera cuci dengan menggunakan cara di atas.

Demikianlah cara mudah membersihkan noda ada bekas lecet pada sepatu vans.

Adi Hartanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *