Tips Menjaga Kesehatan di Musim Pancaroba

jaga kondisi tubuh agar tidak terserang penyakit

Gambar diambil di sini

Apakah cuaca di daerah Anda tak menentu? Ya, akhir-akhir ini memang sebagian besar cuaca di Indonesia sering berubah-ubah. Dari udara terasa panas, tiba-tiba hujan turun lalu berubah menjadi dingin. Pergantian musim dari panas ke musim hujan (pancaroba) memang memaksa tubuh untuk beradaptasi dengan ekstra keras. Bila daya tahan tubuh seseorang tidak kuat, tentunya sangat rentan terserang penyakit.

Ada beberapa macam penyakit yang mudah menyerang ketika musim pancaroba, di antaranya flu, gangguan saluran pernafasan, gangguan pencernaan, demam tinggi disertai batuk dan panas dalam.

Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan di musim pancaroba? Berikut tips agar tubuh tidak mudah rentan terserang penyakit di saat musim pancaroba.

  • Minum air putih
    Pastikan asupan cairan memenuhi kebutuhan keseharian tubuh Anda. Anda bisa mengonsumsi air putih minimal dua liter per hari untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan menghindari gejala tubuh dehidrasi.
  • Konsumsi makanan bergizi
    Jangan lupa mengonsumsi makanan bergizi yang cukup dan dibutuhkan oleh tubuh, seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Agar daya tahan tubuh baik, konsumsi juga makanan yang memenuhi semua unsur gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.
  • Konsumsi Vitamin
    Usahakanlah untuk mengonsumsi suplemen. Ada berbagai macam suplemen yang bisa dikonsumsi, di antaranya Vitamin C, zinc, dan echinachea. Echinachea merupakan sebagian dari suplemen yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Jangan lupa pilih suplemen yang tepat dan konsumsi sesuai kebutuhan tubuh.
  • Istirahat
    Sesibuk apapun kegiatan Anda, usahakanlah untuk beristirahat yang cukup. Dengan beristirahat yang cukup, mampu memulihkan energi yang dikeluarkan. Sebaliknya, jika kurang istirahat dapat menurunkan daya tahan tubuh Anda secara drastis.
  • Hindari stress
    Stress merupakan salah satu penyebab tubuh menjadi dapresi dan menurunkan imunitas. Jadi, sebisa mungkin Anda sebaiknya menghindari stress dengan cara berpikir positif, tersenyum, dan buatlah diri bahagia.
  • Olahraga
    Jangan lupa berolahraga secara teratur minimal selama tiga puluh menit sehari. Pilihlah olahraga ringan, seperti lari, senam, bersepeda, yoga, atau berjalan kaki.

 

Teks: Adi. Berbagai sumber

Adi Hartanto

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *