Tips Strategi Promo Lebaran Untuk Mendongkrak Omzet

promo lebaran

Memberikan promo lebaran memang merupakan salah satu strategi marketing yang sangat efektif untuk mendongkrak omset atau angka penjualan. Namun, melakukan promosi saat musim lebaran ternyata membutuhkan strategi khusus sehingga dapat secara efektif menarik minat konsumen.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa momen-momen spesial seperti Ramadhan dan idul fitri memang seringkali dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berburu berbagai macam produk. Hal tersebut adalah satu kesempatan emas bagi Anda para pelaku bisnis untuk meningkatkan omzet atau penjualan dengan cara memberikan penawaran promo spesial lebaran. Namun, meskipun pada musim lebaran akan terjadi “ledakan” jumlah konsumen potensial, namun untuk dapat menggaet mereka tidaklah semudah seperti yang dibayangkan. Itu karena konsumen saat ini sudah semakin selektif dan cerdas sehingga mereka tidak akan mudah tertarik maupun tergoda dengan penawaran promo lebaran.

Bagi Anda para pelaku bisnis yang saat ini sedang mempertimbangkan strategi khusus jelang Ramadhan dan idul fitri, berikut ada beberapa tips yang mungkin bermanfaat untuk Anda terapkan:

  • Bersikap jujur kepada konsumen

Ini adalah satu landasan penting yang harus selalu Anda pegang saat meluncurkan penawarna spesial promo lebaran. Mayoritas konsumen tidak ingin dibohongi dan mereka senantiasa ingin produk dengan kualitas terbaik. Oleh sebab itu, bersikaplah jujur kepada mereka, yakni memberikan keterangan yang jelas tentang promo yang Anda selenggarakan, apakah itu untuk produk A atau B atau C dan seterusnya. Menaikkan harga terlebih dahulu kemudian memberikan potongan harga juga merupakan satu bentuk ketidakjujuran dan hal tersebut lambat laun akan berakibat terhadap reputasi maupun bisnis Anda secara keseluruhan.

  •  Tawarkan diskon

Siapa yang tidak suka diskon, terutama saat lebaran? Jelang idul fitri, satu hal yang hampir akan selalu diburu konsumen adalah diskon lebaran. Ini bukan hanya berlaku untuk produk fashion saja namun juga untuk produk yang lain, misalnya produk elektronik, tiket pesawat, kue-kue kering bahkan gadget. Tawarkan kepada konsumen diskon spesial untuk produk unggulan Anda jelang lebaran. Jika perlu, berikan tambahan diskon khusus, misalnya kepada pemegang member card, pembeli dengan credit card dan sebagainya. Selain itu, jangan lupa untuk mempromosikan promo lebaran tersebut melalui media massa dan media sosial.

  •  Berikan hadiah atau bonus bagi pelanggan atau konsumen

Ini sekaligus merupakan satu bentuk apresiasi terhadap konsumen maupu pelanggan yang berbelanja di tempat Anda atau membeli produk anda. Metode promo idul fitri seperti ini sangat disukai oleh konsumen dan cukup populer di kalangan pelaku bisnis. Mayoritas konsumen pasti menyukai hadiah, meskipun bukan merupakan sesuatu yang berharga. Jadi, mungkin Anda tidak perlu memberi potongan harga saat promo lebaran, namun menggantinya dengan memberikan hadiah atau gift spesial.

Adi Hartanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *