Tips Sukses Berbisnis Kue Lebaran

 

tips sukses bisnis kue lebaran

 

Jelang hari raya seperti sekarang ini, akan ada banyak penjual kue lebaran dadakan yang muncul. Sejatinya sudah ada banyak sekali pelaku bisnis yang membuat dan memasarkan kue kering, dan banyak dari mereka yang meraup sukses. Jumlah pembuat kue kering menjelang lebaran bahkan akan melonjak tajam karena banyak sekali ibu rumah tangga maupun pelaku bisnis yang kemudian menjadikannya sebagai usaha sampingan. Meski demikian, bukan berarti peluang untuk sukses tertutup karena sebenarnya Anda juga memiliki peluang yang sama dengan yang lain. Yang pada akhirnya akan menentukan adalah apakah konsumen menyukai produk kue lebaran Anda atau tidak.

Dalam hal ini, bukan hanya rasa maupun penampilan kue kering lebaran Anda yang akan menjadi penentu namun lebih daripada itu, ada banyak hal lain yang turut berperan dalam kesuksesan anda. Bagi Anda yang tertarik atau saat ini sedang mempertimbangkan untuk terjun di bisnis kue kering lebaran, ada beberapa tips yang mungkin akan membantu Anda meraup sukses, yaitu:

  • Daur hidup produk yang Anda buat

Kue kering, cup cake atau jenis makanan ringan yang lain pasti memiliki masa kadaluarsa. Di sini, Anda sebagai produsen kue lebaran wajib mengetahui berama lama produk Anda dapat bertahan. Setelah Anda mengetahui masa kadaluarsa, Anda wajib mencantumkan tanggal tersebut pada kemasan. Hal ini secara tidak langsung akan meyakinkan konsumen bahwa produk Anda berkualitas.

  • Jenis produk yang Anda dibuat

Anda harus siap dan mengetahui jenis kue yang akan Anda buat. Cara termudah adalah dengan melakukan survey kecil-kecilan di pasaran dan mencari tahu jenis kue yang sedang diminati. bertemu dan berbicara secara langsung dengan konsumen secara acak juga bisa membantu Anda mengetahui selera pasar.

  • Membuat produk khusus

Membuat kue lebaran yang berbeda dari yang lain adalah strategi yang sangat berguna. Jangan takut untuk berinovasi karena Anda tidak pernah tahu bagaimana reaksi pasar terhadap produk and ajika belum mencobanya.

  • Tampilan

Tampilan kue lebaran yang Anda buat harus menjadi perhatian khusus. Sebagian besar konsumen akan memilih berdasarkan atas penampilan dan bentuk daripada rasa. Jadi, buatlah aneka kue kering dengan tampilan yang memikat hati, termasuk dalam hal kemasan.

  • Rasa

Rasa selalu menjadi bahan pertimbangan penting di bisnis kuliner. Aneka kue Lebaran yang Anda buat hendaknya memiliki rasa yang lezat dan membuat konsumen puas jika Anda ingin sukses di bidang ini.

  • Memasarkan secara online

Banyak konsumen yang saat ini lebih menyukai berbelanja secara online karena dianggap lebih efisien. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya mencoba untuk memasarkan produk Anda di dunia maya. Manfaatkan media sosial dengan sebaik-baiknya untuk mempromosikan produk kue lebaran

 

Adi Hartanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *