Yoga di Kantor, Yuk!

Hampir setiap orang tentunya pernah mengalami stress di kantor. Biasanya stress disebabkan oleh beberapa faktor, seperti pekerjaan menumpuk, dimarahin bos, rekan kerja yang nyebelin, atau macet saat pergi ke kantor. Lantas, bagaimana cara untuk menghilangkan stress di kantor agar tubuh relaks dan kembali perasaan kembali senang?

Beberapa orang ahli yoga pernah mencoba gerakan senam yoga di kantornya. Hasilnya, sangat ampuh meredakan stress, meningkatkan mood, serta meningkatkan konsentrasi dalam bekerja.

Manfaat Yoga

Senam goga merupakan kombinasi dari postur fisik dan pernapasan yang sering dikombinasikan dengan meditasi. Dengan pernapasan yang baik dalam yoga, memberikan manfaat terhadap fisik, emosional, serta mental. Misalnya, dengan melakukan napas yang dalam mampu merangsang relaksasi dan meningkatnya rasa ketenangan.

Lalu, bagimana senam yoga yang bisa dilakukan di kantor?

Berikut gerakan senam yoga di kantor:

  • Downward-facing Dog

Untuk melakukan gerakan ini, gerakan tubuh Anda hingga membentuk huruf V. Selanjutnya, regangkan tangan di depan Anda, angkat pinggul dan tapakkan telapak kaki dengan jarak selebar bahu. Kemudian, atur napas Anda dan lakukan selama 30-60 detk. Gerakan ini bermanfaat untuk ‘memanjangkan’ dan menguatkan otot-otot di tubuh Anda. Selain itu, juga bermanfaat untuk mengurangi ketegangan di leher, merelaksasi leher, serta melancarkan peredaran darah ke kepala.

  • Mountain Pose

Biasanya kelamaan duduk di depan komputer menyebabkan tubuh terasa pegal. Anda bisa Lawan pegal di punggul dengan gerakan ini. Anda bisa mengambil posisi berdiri yang nyaman dengan kaki dibuka selebar bahu. Kemudian, angkat tangan ke atas dengan telapak tangan menghadap ke depan lalu lekuk badan Anda perlahan dan ambil napas dalam. Gerakan ini juga bermanfaat untuk membuat otot dada releks.

  • Standing Forward Fold

Ambil posisi berdiri dengan kaki selebar pinggang, perlahan-lahan lakukan badan ke bawah mulai dari pinggang sambal berusaha meraih jari kaki Anda untuk menghindari otot tertarik, tekuk sedikit lutut Anda. Untuk bahu yang kaku, pegang sebuah ikat pinggang di antara tangan Anda agar bahu juga ikut merengang tapi tidak terlalu intens.

Anda terlalu banyak menatap keyboard atau menelpon? Biasanya, jika kepala sering menunduk menyebabkan leher merasa tidak nyaman. Untuk menghilangkan rasa tidak nyaman tersebut, Anda bisa melawannya dengan gerakan ini. Duduk dengan posisi kaki disilang, gerakkan leher ke kanan dengan tangan dia atas kepala untuk membantu merengangkan otot leher di sebelah kiri. Bernapaslah dengan dalam dan lakukan ini beberapa kali serta di sisi lainnya. Selain duduk, Anda juga bisa melakukan ini sambil berdiri.

Semoga dengan melakukan yoga di kantor, Anda bisa kembali bersemangat dan happy melakukan aktifitas di kantor. Selamat mencoba!

Teks: Adi/Berbagai sumber

Foto: www.funandfoodcafe.com

Adi Hartanto

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *